Wow! Mobil Duesenberg klasik tahun 1935 terjual 321 Miliar

Posted on


LA, iotoMagz– Bisa kaya mendadak nih, Mobil klasik keluaran 1935, Duesenberg SSJ, sudah terjual sejumlah $22 juta (kurang lebih Rp321 miliar), yang membuat mobil vintage ini tidak cuma untuk mobil bikinan Amerika termahal yang terjual lewat lelang, tetapi pun mobil pra Perang Dunia termahal yang sukses terjual.

Proses lelang dikerjakan oleh rumah lelang Gooding & Co di celah arena Monterey Car Week di California, minggu kemarin. Tingginya harga lelang lebih dikarenakan oleh serunya tindakan sama-sama tawar oleh dua peserta lelang.

Rekor harga lelang paling tinggi untuk satu mobil Amerika awal mulanya dipegang oleh Shelby Cobra edisi perdana, yang terjual $13.750.000 dalam lelang yang diselenggarakan RM Auctions pada 2016.

Untuk mobil yang sukses terlelang ini ialah satu diantara cuma dua Duesenberg SSJ yang sempat dibikin, serta dibuat dengan wheelbase diperpendek 125 inci. Ke-2 Duesenberg SSJ ini (sasis J-563) dipunyai aktor legendaris Gary Cooper serta satu kembali (sasis J-567) milik superstar Hollywood Clark Gable.

Gary Cooper diketahui menjadi aktor yang begitu suka pada mobil cepat. SSJ adalah mobil yang prima buat dianya, sebab mobil itu mempunyai mesin supercharged twin-cam inline 8 silinder bertenaga 400 bhp, atau 80 bhp semakin besar daripada Duesenberg SJ standard.

BACA JUGA :  Honda Brio Satya Mobil Terlaris 2018

Sesudah dipunyai Gary Cooper, SSJ beralih tangan ke sebagian orang terpenting di California, dari mulai miliuner berumur 20 tahun di Los Angeles sampai ke tangan desainer industri di San Francisco.

Pada 1949, SSJ itu dibeli oleh kolektor bernama D Cameron Peck asal Illinois., yang lalu melepas SSJ itu ke kolektor yang lain, yaitu Briggs Swift Cunningham. Bahkan juga mobil ini sudah sempat jadi bintang di museum punya Briggs Cunningham di Costa Mesa, California, saat beberapa waktu.

Lalu pada 31 Desember 1986, Miles Collier beli koleksi Briggs Cunningham itu. Cunningham adalah sahabat dari keluarga Collier. SSJ sempat juga jadi fokus perhatian dari beberapa koleksi Collier di Naples, Florida, saat beberapa puluh tahun.

Mengenai hasil lelang ini akan dipakai Collier untuk memberi dukungan misinya untuk generasi yang akan datang, dan supaya dunia tahu jika otomotif adalah penemuan sangat terpenting dari Amerika.

Share article