oleh

Pengguna Motor Matic Harus Tau, tanda-tanda Vanbelt Mau Putus

Jakarta, iotoMagz.com – Sebagian besar orang yang tau bahwa VanBelt merupakan salah satu komponen penting pada motor matic. Komponen yang terbuat dari karet ini juga rentan putus seiring waktu pemakaian yang lama. Komponen ini berfungsi meneruskan perputaran dari mesin ke roda belakang.

Beberapa tips paling mudah untuk mengenali tanda-tanda vanbelt yang mau putus dengan memperhatikan 4 tanda ini.

  1. Biasanya akan muncul bunyi di bagian boks CVT yang terdengar pada saat akselerasi awal.
  2. Jika vanbelt mau putus biasanya tarikan pada motor akan terasa kasar. Jika dibandingkan, tarikan motor yang masih normal akan terasa halus dan lancar. Kalau vanbel yang akan putus, tarikan motor akan terasa kasar.
  3. Terdengar bunyi seperti decitan pada bagian CVT sesaat setelah motor akan dijalankan.
  4. Pada saat motor berada di kecepatan tinggi, jalan akan terasa sulit dan tidak mulus. seperti kampas kopling sudah mencapai titik penghabisan dan rpm naik tetapi kecepatan motor tidak nambah.
BACA JUGA :  6 Tips Berkendara Sehat dan Aman untuk Pengemudi Truk & Bus yang Harus Tetap Bekerja ditengah Pandemi Covid-19
Vanbelt Putus

Tanda-tanda lain yang juga sering dijadikan patokan untuk mengetahui kondisi vanbelt adalah, dengan mengecek getaran pada motor matic. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan utama.

Jadi buat temen-temen para pengguna dan pecinta motor matic kudu tau tanda-tanda kerusakan pada motor kalian biar tidak terjadi hal-hal yang tak terduga dan tak diinginkan dijalan. Atau lebih mudahnya selalu cek dan servis motor kalian tepat waktu sesuai jadwal yang sudah di sediakan di buku servicenya. Tetap jaga kesehatan, savety riding ya gaess..