oleh

Berkendara di hari Minggu pagi yang menjadi trend anak muda hingga dewasa

iotoMagz.com – Hari Minggu pagi yang cerah dengan suasana libur yang melegakan hati, mayoritas orang akan berolahraga namun sebagian orang memilih untuk menyalakan kendaraan roda dua lengkap dengan helm, jaket kulit dan sepatu boots memacu motornya di hari Minggu mengelilingi kota. Ya, pasti anda pernah melihat sekumpulan orang konvoi mengendarai motornya mengelilingi kota, persis seperti lagu Piknik 72 yang dipopulerkan oleh band Naif. “naik vespa keliling kota sampai binaria hatiku jadi gembira” berikut merupakan sepenggal lirik dari lagu Piknik 72, melalui lirik lagu ini sudah cukup menggambarkan mengapa orang mengendarai motornya Minggu pagi.

Apa itu “Sunmori”?

Sebenarnya apakah arti dari kata Sunmori? Sunmori berasal dari bahasa Inggris yang merupakan kepanjangan dari Sunday morning ride. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu berkendara minggu pagi. Hal ini menjadi trend di kawula muda sekarang walaupun sunmori sendiri sudah ada sejak dahulu.

Lantas mengapa orang melakukan kegiatan sunmori? Sunmori bukan hanya sekedar berkendara sepeda motor seperti biasa, namun hal ini juga dimanfaatkan sebagai menjalin silaturami dengan sesama pengendara motor. Biasanya komunitas motor tertentu memiliki ikatan solidaritas yang kuat sehingga setiap minggunya mereka melakukan kegiatan sunmori serta berkumpul, berbincang untuk memperkuat rasa solidaritas. Komunitas Vespa merupakan contoh yang tepat, Vespa yang memiliki ciri khas yang cukup dikenal juga dikenal sebagai komunitas motor yang kuat ikatan solidaritasnya.

BACA JUGA :  Tips Cara Menggunakan GPS Ponsel Supaya Tidak di Tilang Polisi

Mengapa dilakukan pada hari Minggu pagi? Sesuai dengan kata Sunmori itu sendiri, bahwasannya sebagian besar orang di hari Senin hingga Sabtu mereka melakukan rutinitas seperti berkerja atau bersekolah. Dilakukannya kegiatan sunmori di hari Minggu karena hari Minggu merupakan hari libur untuk menghilangkan rasa penat akan pekerjaan, bagi orang yang memiliki hobi otomotif seperti roda dua akan cenderung melakukan kegiatan sunmori berkeliling kota bersama kerabat untuk menghilangi beban sesaat. Mayoritas orang yang melakukan sunmori ialah anak muda yang masih berusia 17-30 tahun walaupun tidak menutup orang dewasa 40 hingga 50 tahun masih dapat berkendara di minggu pagi.