oleh

Begini Cara Menentukan Harga Jual Mobil Kamu

Depok, iotoMagz.com – Dalam menentukan harga ketika akan menjual mobil bekas bisa menjadi PR yang cukup membingungkan kita. dan kebanyakan ketika akan menentukan nilai harga mobil tersebut berdasarkan dari sejarah pemakaian mobil tersebut.

Karena sebagian besar dari kita memakai kendaraan tersebut dengan hati-hati dan dirawat dengan baik, mungkin kita merasa bahwa kita sudah memberikan harga yang ‘menarik’. eitss, jangan salah, belum tentu orang lain menilainya dengan cara yang sama.

Beberapa hal berikut berlaku saat kamu akan menjual mobil kalian. sebab kendaraan (mobil/motor) sangat berbeda dengan emas/perhiasan yang memiliki harga standar, maka kita perlu menyamakan cara penilaian yang dilakukan oleh para penjual mobil profesional. Seperti diler dan juga pasar mobil seken. dan hal-hal yang bisa memudahkan kita untuk menentukan nilai mobil yang mau kalian jual, kuy pantengin tips-tipsnya

Pasar mobil seken

Ini merupakan tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui harga pasaran untuk jenis mobil yang akan kalian jual. saat mendatangi pasar mobil bekas, yang harus dilakukan adalah bertanya secara mendetail kepada para penjual terkait harga dan spesifikasi mobil yang sama dengan mobil yang akan kalian jual. Dari sini kalian akan tau apakah mobil kalian juga dapat dihargai degan harga yang sama.
kita juga harus tau kekurangan dan kelebihan mobil yang akan kalian jual, sehingga kalian dapat menetapkan harga tepat untuk mobil yang mau dijual.

BACA JUGA :  6 Tips Berkendara Sehat dan Aman untuk Pengemudi Truk & Bus yang Harus Tetap Bekerja ditengah Pandemi Covid-19

Belajarlah dari para diler mobil bekas, hal ini akan membuat kalian paham bagaimana menentukan harga yang benar dan masuk akal. jika mobil kalian terhindar dari banjir, bekas tabrakan/kecelakaan, hal ini merupakan poin tambahan untuk mobil kalian. jika kalian tidak sempat ke dealer mobil bekas, kalian bisa searching di situs-situs/platform jual beli mobil bekas yang terpercaya.

Tahun mobil

Tahun perakitan mobil juga sangat berperan dalam penentuan harga jual mobil seken kalian. saat akan melakukan penjualan mobil seken, kalian harus tau penurunan harga mobil kalian tiap tahunnya. gampangnya, kalian mau jual mobil tahun 2014, maka kalian harus kasih potongan antara 10-15% dari harga beli mobil tersebut. kalau mobil tahun 2015 kurangi sekitar 8-10% dari harga beli mobil. contoh hitungan seperti ini bisa kalian pakai untuk menentukan menilai mobil kalian.

Sebenarnya penilaian seperti ini tidak selalu bisa dijadikan patokan, tetapi dapat kalian pakai ketika kalian bingung dalam menentukan harga mobil. namun dalam hal ini harus didukung dengan perawatan mobil yang baik agar dapat harga yang baik juga, usahakan selisih harga mobil seken kalian tidak melebihi di angka 30%. kecuali kondisinya parah. Kondisi Mobil
kondisi mobil juga sangat mempengaruhi nilai dari mobil kalian.

BACA JUGA :  Hindari Lokasi Demo Jika Mobil Tak Pakai Asuransi

kalau mobil yang kalian jual memiliki banyak cacat seperti baret/goresan saja, bisa mengurangi nilai dari mobil tersebut. Begitu juga dengan interiornya. kalau interior mobilnya tidak terawat, maka harga mobil tersebut akan berkurang lagi. contoh: jok mobil yang terkena bekas rokok atau noda bekas minuman dan makanan yang sulit dihilangkan.

Fitur-fitur

jika fitur-fitur mobil kalian masih berfungsi dengan baik tidak akan mengalami penurunan harga yang signifikan. Seperti fitur-fitur pemutar musik, sound system, door lock dan lain lain. kerusakan di bagian fitur-fitur bisa membuat calon pembeli minta potongan harga lagi lho gaess.

perlu di ingat sebelum menjual mobil kalian, usahakan selalu menjaga dan merawat mobil dengan baik. Mobil yang terawat harga akan lebih tinggi dari pada yang tidak terawat.

Jika memang berencana menjual mobil kalian, usahakan melakukan riset harga pasaran mobil kaian dan pelajari part-part mana yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya harga mobil seken.