Berkendara di hari Minggu pagi yang menjadi trend anak muda hingga dewasa

Mas Natio
Mas Natio
8 Min Read

Hobi merupakan hal yang penting untuk dimiliki semua orang, melakukan sesuatu yang dapat membuat anda senang di waktu luang dapat membuat hidup anda lebih berwarna dan menghilangkan jenuh. Selain menjalin persaudaraan di atas aspal, sunmori juga sering dimanfaatkan orang-orang untuk membuka relasi baru yaitu dengan berteman dengan orang baru. Ketika seseorang memiliki hobi yang sama mereka akan cepat untuk berbaur, inilah yang memberikan dampak yang positif dari sunmori. Bahkan sebagian orang bergabung ke dalam komunitas motor untuk memperluas relasi. Biasanya komunitas memiliki syarat tertentu untuk bergabung seperti harus mempunyai kendaraan yang sama, motor dengan kapasitas yang sama, atau kategori yang sama. Big Bike Lovers merupakan komunitas motor dengan kapasitas besar atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘moge’. Komunitas ini bebas dalam kategori motor apapun Streetfighter, Sportbike, atau cruiser namun rata-rata berkapasitas 400cc hingga 1200cc.

Keunggulan sunmori ialah tidak ada batasan motor apa yang anda gunakan, semua orang berhak untuk berkendara sepeda motor. Walaupun umumnya banyak pengendara ‘moge’ yang melakukan sunmori. Terdapat cukup banyak jenis-jenis sepeda motor sportbike, streetfighter, cruiser, adventure bike, motocross dan lain-lain. Namun biasanya kawula muda lebih sering menggunakan sepeda motor jenis sport atau streetfighter dengan gaya berkendara yang agresif dan handling yang akurat sehingga dapat memberikan pengalaman luar biasa. Berbeda dengan orang dewasa, orang dewasa 40-50 tahun cenderung mengendarai sepeda motor yang lebih bergaya ergonomis dengan posisi badan yang tegap mengurangi rasa letih untuk berkendara jarak jauh. Perbedaan tidak hanya jenis motor, tetapi anak muda dan orang dewasa juga memiliki karakteristik gaya berkendara yang berbeda contohnya anak muda memiliki jiwa muda sehingga emosional dalam berkendara, oleh karena itu anak muda cenderung lebih mudah terpancing untuk memacu sepeda motornya hingga kecepatan yang sangat kencang berbahaya, sedangkan orang dewasa memiliki mental yang lebih matang sehingga dapat berkendara dengan penuh kendali dan tidak mudah terpancing emosi. Maka dari itu, dapat dibilang orang dewasa lebih bijaksana.

Kesenangan yang didapatkan dari sunmori bagi pecinta roda dua sangatlah luar biasa, alasan lain yang membuat hari minggu menjadi hari yang sangat tepat untuk berkendara sepeda motor ialah jalanan yang sangat lengang. Seperti yang kita ketahui jalanan di perkotaan seperti Jakarta pada hari biasa sangatlah padat, bahkan macet di sebagian ruas jalan. Hari Minggu pagi menjadi pembalas dendam dengan situasi yang luang membuat pengendara motor bisa memacu kendaraannya lebih kencang. Namun sayangnya sebagian orang menjadikan sunmori sebagai ajang balap liar, ini lah yang sangat memprihatinkan sesama pengendara motor. Jalanan umum bukanlah tempat yang tepat untuk balap liar karena balap liar sangatlah berbahaya dapat mencelakai diri sendiri atau orang lain. Karena balap liar sering menimbulkan keresahan bagi masyarakat awam, membuat reputasi pecinta roda dua berakhir buruk. Tak jarang terjadi kecelakaan yang mencedarai diri sendiri atau orang lain. Terkadang dapat berujung fatal hingga menghilangnya nyawa seseorang. Berkendara sepeda motor itu memperlukan keterampilan serta teknik tertentu tidak hanya asal membuka gas. Mental juga harus dilatih agar tidak mudah nafsu untuk ngebut terkadang terjadinya kecelakaan karena berawal dari nafsu. Jika ingin mencoba performa motor anda dengan maksimal berkendaralah di sirkuit. Indonesia sudah menyediakan sirkuit Sentul dan banyak pembalap besar tanah air lahir dari sirkuit tersebut sehingga bagi yang ingin mengebut silahkan menguji skill anda di tempat yang seharusnya sudah disiapkan.

Share this Article
Posted by Mas Natio
Follow:
Banyak orang meninggalkan kedai kopi untuk bekerja. justru aku mendatangi kedai kopi untuk memulai bekerja. karena bagiku kopi adalah sumber inspirasi.
adbanner