Berita

Mobil Salto di Meikarta Sprint Rally

Meikarta, iotomagz.com – Awalnya, Sean Gelael masih belum sadari apa yang terjadi sehari setelah kecelakaan yang menimpanya dan Bambang Soesatyo Ketua IMI di Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Bekasi, Sabtu kemarin.

Setelah mobilnya dibongkar habis, dan membuka data telemetri, juga mereplay semua video yang ada, dia baru bisa menyimpulkan apa yang sebenarnya telah terjadi.

Usai melakukan pengecekan mobil, memang ada bagian yang rusak, tapi rollbar kabin sama sekali gak rusak, bahkan juga gak ada yang patah. Mesin juga masih utuh.

” kerusakan ini karena efek tabrakan, bukan sebelum insiden terjadi. Itu Artinya, kondisi mobil sebelum kecelakaan dalam keadaan baik,” ujar ayahnya Sean Ricardo Gelael.

Setelah video dibedah. Baru ketahuan faktanya bahwa ada satu kondisi berbeda di area gravel (tanah liat). Disitu ada semacam gundukan yang terlihat sama persis dengan yang sebelumnya, tapi setelah itu ada gundukan tanah yang jadi penyebab mobil Citroen C3 R5 itu terguling, secara spektakuler. Jarak kedua gundukan tanah itu lumayan dekat, jadi mobil bisa mental dan crash hebat.

“Harusnya nih ada yang ngasi tau ke semua peserta bahwa lintasan berubah,” ujar Sean, sambil menjelaskan dia sama sekali tak mendapat pemberitahuan.

Kalau di balapan MotoGP dan F1 dan itu sih tugasnya Safety Car. Pengendara mobil tersebut lalu memberitahukan (lapor) kepada Clerk of The Course (pimpinan lomba) dan Race Director.

Ricardo menambahkan apa yang terjadi, dia beserta Team melakukan apa yang biasanya dilakukan oleh FIA setelah terjadi kecelakaan. Langkah awal mereka melakukan tiga hal : cek data mobil, cek apakah ada driver error, dan cek lintasan.

“Kami bisa cepat tahu sebabnya, karena kami oleh dibantu engineer dari Citroen Eropa yang kami siapkan untuk Reli Meikarta.” ujar Ricardo.

Jadi seorang pembalap itu memang punya risiko besar. Saya sering berhadapan dgn tabrakan, bahkan saya pernah kehilangan teman baik akibat sebuah kecelakaan di trek. dengan kejadian ini, semoga kita di Indonesia bisa belajar banyak, bagaimana membuat kondisi jadi aman, baik saat balapan dan juga berkendara biasa di jalan,” ungkap Sean.

Related Articles

Back to top button