oleh

SELIGED, Sepeda Listrik Bertampilan Moge Pertama Di Indonesia Yang Menghabiskan Biaya Sampai Rp 25 Juta

Yogyakarta, Iotomagz – Sepeda listrik bertampilan Moge mengundang perhatian masyarakat waktu dibawa masuk halaman DPRD DIY Jumat 7 Desember 2018.

Sepeda berdimensi panjang 1,5 mtr. itu semua bodynya berlapis stainles krom berkilauan serta mengangkat tampilan low ride komplet dengan ring-ring roda jumbo dibagian depan ataupun belakang. Sepasang pedal jadi aksen unik di celah penampilan garang sepeda listrik itu.

Sepeda listrik itu bernama Seliged yang disebut singkatan dari Sepeda Listrik Gede. Sepeda listrik custom ini adalah garapan bengkel Mobilijo Yogya yang beralamat di perumahan Jatimulyo Baru, Kricak, Tegalrejo Yogya yang diketuai Winawan yang sering dipanggil Wiwin Vegas.

“Saya awalannya terinspirasi motor-motor gede waktu bangun sepeda listrik ini, tetapi saya ingin suatu yang lainnya, yang tidak menggunakan BBM (bahan bakar minyak),” tutur Wiwin, Jumat 7 Desember 2018.

BACA JUGA :  Suzuki Gixxer 250 Masuk Segmen Sport Tourer

Pada akhirnya Wiwin juga mulai tahun 2016 membuat uji coba kira-kira tiga bulan bagaimana bangun sepeda dengan mode motor gede. Dia mempersiapkan semua rancang bangun sepeda itu dari 0.

Wiwin menjelaskan dalam merancang sepeda listrik gede itu, dia menyisipkan dinamo berkapasitas 1500 watt yang membuat sepeda itu dapat digeber dengan kecepatan optimal 35 km. /jam. Dinamo itu disematkan jadi tromol roda depan.

Sedangkan untuk baterainya memakai type baterei berkapasitas 48 volt 20 AH. Baterei jumbo ini ditanam dibagian blok tengah seperti mesin sepeda motor.

Dengan baterei itu, sekali pengisian sepeda yang diprediksikan berbobot 60 kg itu dapat meniti jarak sampai 40 km.. “Jika digoes memang lebih berat dibanding sepeda biasa,” katanya.

BACA JUGA :  Mobil Listrik ini Bisa Jadi Pengganti Saat Listrik Padam

Untuk kaki-kaki roda ikut dibuat Wiwin sendiri dengan memakai pelek depan ring 26 serta belakang ring 14 hingga memberi kesan-kesan low ride yang kentara.

Pemakaian frame stainles dengan arah tidak butuh pengecatan kembali untuk sepeda listrik itu. Wiwin mengaku sisi sangat susah merancang sepeda listrik gede itu waktu berupaya memperoleh tempat center di bagian framenya.

Wiwin memerlukan waktu seputar satu sampai dua bulan untuk merancang sepeda listrik gede itu. Cost yang dikeluarkan untuk bikin sepeda itu seputar Rp 25 juta. “Sangat mahal biayanya merancang sepeda listrik ini sebab dinamonya masih tetap import, belumlah ada produk lokal,” katanya.

News