by

Review Benelli Motobi 200 Evo, Motor Klasik Retro Anti-mainstream

iotomagz.com – Benelli Motobi 200 Evo, Motor cruiser bergaya retro pabrikan asal Italia ini diklaim sebagai motor anti-mainstream yang memiliki keistemewaan tersendiri. Sebab motor yang tergolong gagah ini berhasil menggabungkan konsep modern dengan retro klasik yang membuatnya semakin terkesan begitu elegan.

Para pecinta motor klasik pasti tidaklah asing dengan merek Benelli, merek ini punya model yang paling diminati dengan harga relatif terjangkau dan gayanya pun sedap dipandang. Yuk kita ulas lebih dalam motor ini.

Dari segi mesin, Spesifikasi engine Motobi 200 Evo ini memiliki kapasitas 197 cc, dengan satu silinder SOHC. Dengan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi (EFI) yang lebih irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan, Mesin ini diklaim memiliki torsi puncak 13,9 Nm pada 6.000 rpm. Daya maksimalnya 12,7 Hp pada 7.500 rpm. Dipadukan dengan sistem transmisi manual lima percepatan.

Mengenai body Benelli Motobi 200 evo ini bisa dibilang cukup proporsional karena nyaman untuk dikendarai sendiri maupun digunakan berboncengan, panjang keseluruhan motor ini 2140 mm, lebar 800 mm, wheelbase 1440 mm. Serta ground clearance 150 mm yang cukup tinggi sehingga nyaman digunakan di perkotaan maupun jalan rusak sekalipun.

Meski cuma pakai satu panel meter tapi panelnya sudah digital gaess. Di dalamnya banyak menampilkan informasi – informasi yang kita butuhkan seperti speedometer, odometer, tachometer, tripmeter, dan indikator bensin. model ini memang dibuat sesederhana mungkin, Pasalnya pasar yang digaet adalah para pehobi atau modifikator yang gemar dengan motor klasik namun dengan teknologi modern.

Mesin

Type Mesin197 cc, 1-silinder / 4-stroke / 2-katup
Kapasitas Mesin197 cc
Silinder1
Diameter x Langkah63.5 × 62.2 mm
Perbandingan Kompresi8.3:1
Tenaga Maksimal7500 rpm
Torsi Maksimal13,9 Nm/6000r/mnt
Tipe TransmisiFinal drive Chain
Tipe StarterElektrik & Kick Starter
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Bahan BakarBensin

Dimensi

Panjang2140 mm
Lebar800 mm
Tinggi1050 mm
Jarak Sumbu Roda1440 mm
Tinggi Tempat Duduk715 mm
Berat156 Kg
Kapasitas Tangki11.8 L

Rangka

Type RangkaTipe Bassinet
Suspensi DepanTelescopic forks
Suspensi BelakangTelescopic coil spring oil damped
Rem DepanCakram 280 mm
Rem BelakangCakram 240 mm
Sistem Pengereman
Ban Depan90/90-17
Ban Belakang130/90-15

Nah, sebelum membahas tentang harga Benelli Motobi 200 Evo. Biarkan kami memberitahukan secuil kesimpulan tentang kelebihan dari moge klasik buatan Benelli ini.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, motor cruiser buatan pabrik asal Italia ini memang hadir dengan mengusung konsep klasik-modern yang ditunjukkan lewat kombinasi pada setiap komponen. Sehingga, terbentuknya sebuah desain yang anti-mainstream.
Untuk performanya sendiri, Benelli Motobi 200 Evo pun juga terbilang mumpuni mengingat dibekali mesin berkapasitas 197 cc dengan 1 silinder serta sistem pembakaran injeksi. Di satu sisi, moge ini pun juga telah dilengkapi beberapa fitur kenyamanan, dengan suspensi Telesopic Forks yang siap menjaga keseimbangan motor saat digunakan di berbagai medan jalan.

Berbicara soal banderol harga Benelli Motobi 200 Evo yang anti-mainstream, moge klasik – modern ini dibanderol diharga Rp 31.3juta an untuk harga OTR Jakarta. Cek update harga didealer resmi Benelli.

Dengan bandrol yang cukup terjangkau tersebut, tak heran jika moge klasik yang bergaya retro premium ini akan mampu menarik banyak para calon konsumen.