oleh

Mobil Classic Langka BMW M1 DIlelang

Jakarta, Iotomagz- BMW M1 telah adalah mobil langka, tapi M1 spesial ini ialah suatu yang cukup spesial. Mobil ini dikirim dan di ubah menjadi supercar bermesin menengah ‘standar’ pada tahun 1979, dua tahun lalu rider Harald Ertl merubah vs standard dengan penambahan turbocharger twin KKK seukuran 3,5 liter pada mesin enam silinder. Perubahan ini meningkatkan output mesin dari 273 tenaga kuda jadi 410 tenaga kuda.

Mobil itu di kembangkan dengan BP (British Petroleum) dalam usaha untuk mempromokan produk Autogas-nya. Maksudnya ialah untuk pecahkan kecepatan 300 km. /jam. Angka itu disebutkan sudah diraih pada 17 Oktober 1981, tetapi, tidak ada catatan sah untuk memberi dukungan klaim itu.

Pemecah rekor yang terlihat aneh ini sudah ‘hilang’ saat hampir 25 tahun, tapi saat ini muncul dalam balai lelang untuk kali pertamanya semenjak tahun 1993. Mobil ini diprediksikan mempunyai nilai jual minimum £ 250 ribu (US$327 ribu) di lelang Coys di Techno Classica di Essen, Jerman, pertengahan April ini. “Ini tidak disangsikan sepotong riwayat kendaraan bermotor serta mungkin satu diantara BMW sangat langka yang membawa lencana M1,” kata Chris Routledge, direktur pelaksana di Coys.

“Ada ketertarikan yang besar sekali dari penjuru dunia dari beberapa orang yang ingin mempunyai riwayat pemecah rekor otomotif serta kecepatan.”

“Inilah hasil dari pekerjaan detektif kami yang tidak kenal capek dan selalu bekerja keras di dunia mobil classic, temukan mobil-mobil bersejarah, dari Ferrari 250 GT yang hilang sampai ke harta karun Cavalino yang berisi beberapa bagian yang termasuk juga suku cadang serta barang bernilai. Marque Italia seperti Ferrari, Maserati serta Abarth, “imbuhnya. “BMW ialah penemuan bernilai lainnya yang mengagumkan.”

Dari photo yang tersebar, BMW M1 itu dalam situasi yang tidaklah terlalu mulus. Cat hitam mulai sirna dengan goresan dibagian body. Mobil itu pun terlihat kusam.