oleh

Mitsubishi Ingin Menyiapkan Strategi Baru Untuk Bisa Menggeser Toyota Avanza 2019

Jakarta Iotomagz – Mitsubishi Xpander jadi lawan Toyota Avanza di fragmen Low MPV semenjak kehadirannya di GIASS 2017. Taktik marketing baru akan disediakan sesudah keberhasilan kampanye Tons of Real Happiness mengangkat popularitas Xpander.

“Ini adalah tujuan paling akhir kampanye Ton of Real Happiness, keseluruhan 88 ribu pengunjung ada, di luar harapan kami. Ini bukti popularitas serta ketertarikan keinginan yang tinggi dari Xpander,” kata Irwan Kuncoro Direktur Penjualan serta Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha sales Indonesia (MMKSI) di gelaran paling akhir roadshow kampanye Tons of Real Happiness di Summarecon Mall Serpong Tangerang, Jumat 25 Januari 2018.

Irwan menyatakan, pihaknya selalu berusaha menjaga prestasi ini. “Sukses dengan kampanye Tons of Real Happiness, kami telah mempersiapkan topik kampanye lainnya. Kami selalu lakukan terobosan untuk mengawasi tempat pasar Xpander,” tuturnya. Kampanye Tons of Real Happiness saja adalah terobosan. Berlainan dengan merk lainnya, pihaknya memakai pendekatan keluarga, mendatangkan keceriaan lewat taman hiburan.

“Sepanjang kampanye ini ada 25 ribu situs IDE yang dapat diolah selanjutnya menjadi penjualan. Tujuan 100 ribu pengunjung sampai 3 hari acara di Summarecon Mall Serpong ini, kami meyakini akan terlampaui. Sekurang-kurangnya ada 100 ribu lebih pemesanan Xpander dengan mengadakan kampanye ini serta dalam 1-2 bulan ke depan penjualan Xpander akan sampai 100 ribu semenjak kampanye ini diselenggarakan Juli 2018,” tuturnya.

Menurut Irwan, tidak hanya berusaha lewat kampanye yang menarik, service konsumen setia juga selalu ditingkatkan. “Kami tidak mau konsumen setia sedih, jadi itu saat awal di luncurkan inden Xpander dapat sampai 6 bulan. Kami selalu melakukan perbaikan proses serta tingkatkan produksi hingga sekarang dapat didesak jadi 1 bulan,” papar Irwan.

Keringanan memperoleh mobil yang diimpikan ini juga diusahakan, seperti di Serpong ini, menggandeng Mobilgue.co.id supaya konsumen setia dapat dengan gampang lakukan trade in mobil lamanya dengan Xpander. “Kami pun tawarkan smart package ini yang penduduk sedikit tahu, semenjak awal jika konsumen Xpander saat 3 tahun atau 50 ribu km masih tetap free service untuk servis berkala mobilnya. Plus asuransi jiwa yang tidak saja untuk konsumen atau nama yang tertera di STNK saja, tetapi untuk semua bagian keluarga utamanya,” jelas Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Grup MMKSI.

Xpander sudah membukukan 115.000 angka pemesanan di Indonesia semenjak dikenalkan bulan Agustus 2017 sampai Desember 2018. Pada Maret serta Juli tahun 2017 saja saat awal-awal penjualan, XPander menempati tempat pertama pada rincian volume penjualan kendaraan di Indonesia hingga kuasai pasar mobil kelompok Low MPV sampai 30 %.

Menurut Irwan, sukses Xpander bukan narasi satu malam. “Sukses yang kami capai, bukan demikian rilis, penjualan langsung melompat, itu semua diawali semenjak dua-tiga tahun awal mulanya,” katanya.

Tiga tahun sebelum di luncurkan, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) lakukan penelitian pasar ke keluarga Indonesia, bertanya seperti apakah mobil Low MPV yang diimpikan mereka, yang belumlah diwujudkan di mobil yang telah berada di pasar. Sesudah itu sisi penelitian membuat mobil seperti hasil survey pasar itu. Lalu saat satu tahun, diawali dari GIIAS 2016, Mitsubishi lakukan kampanye mobil concept serta roadshow di 9 kota besar sampai akhirnya di luncurkan di GIIAS 2017.

Penduduk mengapresiasi waktu peluncuran sah Xpander di GIIAS 2017, sesudah lihat mobil itu mempunyai keselarasan sampai 90 % dengan mobil ide yang saat satu tahun ini dipamerkan. “Saat pertama-tama dikenalkan pada Agustus 2017 menjadi lawan di fragmen Low MPV, Xpander direncanakan laris cuma 5.000 unit per bulan,” katanya. Sekurang-kurangnya MMKSI sukses jual Xpander dengan rata-rata penjualan 6.500 per bulan.

“Kuncinya kami konsentrasi, ada unit kerja, task force yang konsentrasi, menjalankan dengan baik taktik pre rilis, rilis serta paska rilis. Serta kami selalu berusaha merk Mitsubishi Xpander ini terbangun baik,” jelas Irwan.

Sampai kini orang kenal merk Mitsubishi menjadi merk mobil komersial serta sport pun jadi perhatian terpenting waktu kampanye Xpander. “Kami selalu bangun kampanye mengenai kemampuan Low MPV ini, jika Xpander mobil keluarga Indonesia, risetnya saja dari pasar Indonesia,” tegas Imam.

Taktik branding Xpander unggul di pasar ini diterangkan Imam, pasti disamakan dengan kemampuan produk Xpander. Tahun ini contohnya, Xpander mengangkat kampanye Tons of Real Happiness. Kampanye ini diselenggarakan untuk mengawasi momen menjadi pemain baru di Low MPV yang begitu sukses dengan mengadakan kampanye itu di 9 Kota.

Xpander Tons of Real Happiness mendatangkan taman hiburan berupa karnaval di kota-kota yang didatangi. Intan Vidiasari, Deputy Grup Head of Rencana and Communications Grup MMKSI, menjelaskan, Xpander Tons of Real Happiness adalah flagship campaign Mitsubishi share kebahagiaan pada penduduk di 9 kota antaranya ke Bandung, Makasar, Surabaya dan lain-lain, berbentuk taman hiburan keluarga dengan pilihan wahana yang bisa di nikmati misalnya: Ferris Wheel, Carousel, Swing Carousel, Mini Xpander Traffic Park, Balloon Pool, Balloon Castle, 360 foto booth serta beberapa kegiatan menyenangkan yang lain.

Lebih jauh Irwan menyatakan, kampanye baru ini bukan sebatas mencapai penambahan penjualan Xpander. “Lebih pada mengawasi momen, mengawasi merk Xpander masih jadi pilihan paling atas keluarga Indonesia,” papar ia.

Mitsubishi begitu serius di MPV pasti bukan tiada fakta. Mengingat pasar terbesar di Indonesia di fragmen MPV dengan bagian 60 %. Menjadi pendatang baru, Xpander mesti menyuguhkan kelebihan berlainan dengan pemain lainnya yang telah besar di fragmen ini. Dari mulai taktik pemasaran ataupun produk.

Dari bagian produk, seperti diterangkan diatas, 3 tahun awal mulanya Mitsubishi lakukan penelitian door to door ke pasar mengenai deskripsi MPV dambaan mereka. “Lalu kami bikin moke up, sampai membuat mobil concept, yang dibikin sesudah meramu hasil survey ke penduduk itu. Lantas Mitsubishi Motor Corp (MMC), meramunya jadi mobil concept. Tidak berhenti disana, mobil concept-nya lalu diperkenalkan di GIIAS 2016, dikerjakan roadshow selama satu tahun sampai di luncurkan di GIIAS 2017,” terangnya.

Imam yakini mobil Xpander saat di luncurkan di GIIAS 2017, sama dengan mobil concept-nya yang dikenalkan selama satu tahun semenjak GIIAS 2016, jadi salah satunya kunci kemenangan di pasar sampai saat ini. “Produk cukup sudah kuat di pasar, hingga selling poin kami cukuplah confidence,” tegasnya. MMC sampai investasi sampai Rp 7 triliun lebih di pabriknya untuk bikin fragmen produk baru ini.

Lantas dibikin taktik pemasaran, yang begitu berlainan dengan pemain yang ada. “Strategi kami bukan pada harga, tetapi mengungkapkan feature produk, semua kenyamanan, keandalan, performance mobil Xpander. Kami meyakini jika main pada harga, malah habis. Lantas kami kuatkan taktik branding nya baik ATL, BTL, digital campaign ataupun alat relations,” tuturnya. Karena itu tahun 2018 pihaknya selalu mengawasi branding-nya lewat kampanye Tons of the real Happiness.

Karena prestasinya ini, menggerakkan MMC tingkatkan kemampuan produksinya di Bekasi. Lewat tayangan wartawan 3 Oktober 2018, Mitsubishi menginformasikan gagasan penambahan kemampuan produksi tahunan dari sarana produksinya yang mutakhir di Bekasi, untuk menanggapi keinginan yang besar pada low MPV, Xpander di pasar Indonesia serta export.

Kemampuan produksi tahunan sekarang ini yang sampai 160.000 unit—kapasitas maksimal– akan ditingkatkan jadi 220.000 unit pada tahun fiskal 2020. Peningkatan ini adalah dari hasil investasi seputar 4 miliar Yen serta akan memberi penambahan lapangan kerja buat 800 orang di pabrik Bekasi untuk lengkapi keseluruhan karyawan sampai 4.100 orang.

Volume produksi Xpander akan bertambah dari 115.000 unit jadi 160.000 unit pada tahun fiskal 2020. Export akan bertambah dari 30.000 unit jadi 50.000 unit untuk penuhi keinginan pasar luar negeri termasuk juga beberapa negara ASEAN. Mitsubishi pastikan 80 % suku cadang Xpander memakai bahan lokal, naik 10 % dari mulanya sebab mesin Xpander akan di produksi oleh Nissan Motor Indonesia (NMI).