oleh

Mengulik Keunggulan serta Kekurangan New Suzuki Ertiga


JAKARTA, IotoMagz – Kedatangan All New Suzuki Ertiga tidak pelak dapat mengubah perhatian publik dari ‘duel’ pada Toyota Rush dengan Mitsubishi Xpander di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 kemarin.

Publik di fragmen low MPV serta low SUV seolah dibangunkan dari mimpi, yaitu dari yang sebelumnya cuma memikirkan Rush serta Xpander, sekarang ditempatkan pada mode baru kembali yang bisa diperhitungkan untuk dipinang sesudah munculnya New Ertiga.

Bukan isapan jempol bila kedatangan New Ertiga yang sekaligus juga menjadi world premier itu dapat mengambil alih perhatian pengunjung IIMS 2018. Buktinya, MPV paling baru Suzuki itu langsung menyapu penghargaan menjadi MPV terunggul di pameran otomotif tahunan itu.

Bisa disebut New Ertiga menjadi ‘anak bawang’ di arena pertarungan fragmen mobil di rentang harga Rp200 juta sampai Rp270 juta-an, sebab beberapa lawannya, seperti Xpander, Rush, Daihatsu Terios atau Wuling Confero, telah tersebar semenjak tahun kemarin, sedang Ertiga baru masuk Indonesia pada kuartal pertama 2018.

Tetapi ubahan yang berarti pada bidang exterior, interior serta dapur picu, membuat New Ertiga dapat ‘mengacaukan’ peta pertarungan di fragmen itu, yang terakhir mengerucut pada persaingan seru pada Rush serta Xpander.

Customer di Tanah Air jelas lebih mujur daripada mereka yang berada di luar negeri, termasuk juga di negeri tempat dikembangkannya Ertiga, yakni India. Masalahnya publik di Indonesia jadi saksi pertama yang lihat kedatangan sah New Ertiga ke dunia, sekaligus juga negara pertama yang memperoleh pengiriman unit ke tangan customer. Banding dengan India yang baru akan memperoleh unit New Ertiga seputar medio tahun ini.

Suzuki Ertiga mode 2018 adalah generasi ke-2 dari low MPV ini. Mode paling baru ini mengangkat mesin bensin anyar memiliki 1.5 liter, menukar mesin usang memiliki 1.4 liter. Mesin baru ini mempunyai tenaga 104,7 PS serta torsi puncak sebesar 138Nm.

BACA JUGA :  Inilah Daftar Harga Suzuki Ertiga Sport yang Rilis pada Maret 2019

Untuk skema pemindah daya, New Ertiga di Indonesia ada dua pilihan, yaitu manual 5 percepatan serta matik 4 percepatan. Sedang untuk detail India peluang ada pilihan transmisi matik 6 percepatan. Diluar itu, ada berita Suzuki ikut mempersiapkan mesin diesel 1.5 liter, yang akan didukung dengan transmisi manual 6 percepatan.

Sekarang berubah ke fitur-fitur yang ditanamkan pada New Ertiga 2018. Di India, New Ertiga diperlengkapi lampu penting proyektor LED dengan daytime running LED, serta lampu belakang ikut LED. Untuk rodanya memiliki ukuran 16 inci, lalu ada skema infotainment 7 inci dengan Android Auto serta CarPlay. Belum juga kehadiran feature push-button start-stop serta auto climate control. Sedang feature keselamatan mencakup dual front airbags, rem ABS dengan EBD serta Isofix child seat anchors. Di Indonesia, velg New Ertiga memiliki ukuran 15 inci yang dibalut ban memiliki ukuran 185/65 R15.

Dari bagian dimensi, dibanding dengan generasi pertama, New Ertiga lebih panjang 99 mm, lebih lebar 40 mm, serta tambah tinggi 5 mm. Tapi ukuran wheelbase masih sama, yaitu di angka 2.740 mm.

Simak juga: Ingin Mudik Lancar? Ingat Tiga Pesan Auto2000 IniUntuk penampilan depan, new Ertiga sekarang terlihat lebih elegan serta moderen karena pemakaian gril heksagonal berlapis krom, yang diapit dua lampu penting sipit proyektor, serta kisi-kisi bumper berkelir hitam. Tampang semakin bagus dengan kehadiran lower grille berdesain baru yang berpadu dengan rumah lampu kabut bergaris tajam.

Dibanding Ertiga usang, generasi paling baru ini mempunyai overhang belakang lebih panjang, hingga memberi ruangan bagasi lebih lega. Bidang belakang makin seksi karena aplikasi dampak atap melayang-layang serupa punya Mitsubishi Xpander, dengan pilar D dibagian atas berwarna hitam dengan tarikan garis menyatu sampai kaca belakang.

 

Bentuk lampu belakang LED yang mirip huruf ‘L’ ikut selintas sama dengan punya Xpander. Ke-2 lampu belakang itu tersambung dengan panel plastik berlapis krom yang tempatnya pas diatas dudukan pelat nomer. Bentuk bumper belakang ikut mempunyai design baru.

BACA JUGA :  Render Land Rover akan Launching Defender Terbaru Tahun depan

Untuk kabinnya tidak sangat elegan seperti Xpander. Akan tetapi, design lingkar kemudi cukup menarik dengan disisipi ornament memiliki nuansa kayu. Tuas perseneling ikut lebih moderen untuk menutupi kekurangan dari kenop AC yang sangat simpel. Cup holder yang pada Ertiga lama ada dibawah kisi AC samping kiri, sekarang beralih ke konsol tengah, pas di muka tuas perseneling. Asyiknya, dua cup holder yang menyatu itu diperlengkapi dengan kisi-kisi untuk menyemburkan hawa dingin dari AC, hingga dapat mengawasi kesegaran minuman dingin. Peletakan monitor infotainment berlayar sentuh di Ertiga baru lebih menonjol keluar, dibanding vs usang yang tertanam di dashboard.

Keunggulan

  • Meningkatnya dimensi Ertiga 2018 bermakna terbentuk ruangan kabin lebih lega untuk penumpang di bangku baris ke-2 serta ke-3.
  • Basis Heartect yang mudah kelihatannya akan tingkatkan daya jelajah serta perform Ertiga 2018.
  • Design baru yang lebih moderen serta dinamis, membuat New Ertiga tidak susah untuk berkompetisi di fragmen kendaraan 7 tempat duduk.
  • Sebab Ertiga 2018 ialah mode yang betul-betul baru, jadi tidak ada panel body yang dipinjam dari mode kendaraan Suzuki lainnya yang telah terlebih dulu tersebar.

Kekurangan

  • Tidak ada susunan kulit pada tempat duduk, bahkan juga untuk variasi paling tinggi New Ertiga.
  • Penyusunan AC belum juga automatis, alias manual, hingga kurangi aura moderen dari New Ertiga.
  • Kursi di baris ke-2 tidak diperlengkapi armrest yang dapat dilipat, walau sebenarnya di Ertiga usang feature ini ada.
  • Tempat skema infotainment yang menjorok keluar dari dashboard tampak dikit aneh, sebab seperti tidak sesuai dengan design beberapa komponen lainnya yang berada di dashboard.

Saat ini Anda pikirkan dengan cermat, apa New Ertiga telah sama dengan kemauan serta style milenial Anda?