oleh

McLaren P1 GTR lawan 30 Tahunnya Aryton Senna

-Mobil, Review-28 views

Buat kalian yang penggemar balap mobil F1 telah tidak asing kembali dengan sang legenda yakni, Aryton Senna. Ia adalah rider team McLaren yang telah mendapatkan juara dunia 3x. elar pertama dicapai pada 1988, yang disebut musim perdana Senna gabung di McLaren. Disusul lalu musim balap 1990 serta 1991. Tidak ada yang menyangsikan masa itu menjadi waktu keemasaan sang rider asal Brasil. Sayang, dia meninggal dalam kecelakaan ironis waktu balapan di circuit Imola pada tahun 1994.

Telah 30 tahun berlalu sejak titel pertama untuk Ayrton Senna, serta sekarang McLaren ingin lakukan suatu untuk menghargai sang legenda F1. Lewat cara melakukan modifikasi mobil sport P1 GTR jadi semirip mungkin dengan mobil balap Senna. Mobil ini dibikin oleh McLaren Special Operations (MSO). Mobil ini bukan untuk di jual, tetapi hasil modifikasi punya salah satunya kolektor P1 GTR. Sang pemilik habiskan tiga tahun kerjakan project ini bersama dengan McLaren. Akhirnya benar-benar sangat spesial. Betul-betul menjadi bentuk penghormatan pada almarhum Senna.
Corak McLaren MP4/4 dilaburkan ke P1 GTR. Berbentuk warna merah serta putih membuat keunikan Marlboro yang waktu itu mensponsori team McLaren. Tentu saja tiada tulisan Marlboro serta sponsor yang lain. Sisi bagian cuma ada tulisan Senna Driven to Perfection serta bendera Brasil. Angka 12 tercantum di moncong sesuai dengan nomer Senna waktu mengendarai MP4/4 pada 1988. Uniknya, P1 GTR ini jadi unit ke-12 pun, dari 58 unit yang hanya dibikin MSO.
Sisi interiornya pun tampak emblem yang sama yaitu” Driven to Perfection”, dengan arah untuk memperbedakan dengan P1 GTR biasa. Nama Senna juga terpatri jelas di head rest jok balapnya. MonoCage memiliki bahan serat karbon dituliskan quote Senna sangat populer, ‘I’m not designed to finished 2nd or 3rd… I am designed to win.’

BACA JUGA :  Adapun Syarat Untuk Bisa Menaiki Mobil Batman di IIMS 2019

Untuk bidang mesin, sayangnya sang pemilik tidak memberi bocoran apa yang telah dirubah. Cuma dijelaskan mendapatkan penambahan tenaga. Butuh kalian kenali standard P1 GTR saja telah dapat membuahkan daya 1.000 PS (986 ponsel) dari mesin V8 3,8-liter twin-turbo serta motor listrik (hybrid). Itu saja telah semakin besar 84 PS (83 ponsel) di banding McLaren P1 biasa.

Belum juga pengurangan berat sampai 50 kg yang membuat rasio power-to-weight sebesar 697 PS (687 ponsel)/ton atau sama juga dengan 1,44 kg/ponsel. Jadi pikirkan saja, akselerasi 0-100 km/jam secepat 2,8 detik serta kecepatan puncaknya 349 km/jam. Saat menikung, style horizontal dibuat sampai 1,54 g.

BACA JUGA :  Limited Editions : Nissan GT-R ini Cuma Di Produksi 50 Unit Saja

Diluar itu untuk bidang body, dipenuhi paket aerodinamika yang telah dibuat lagi. Splitter depan diperlebar serta mendapatkan penambahan sayap kecil baru. Saluran hawa ke belakang diperlancar dengan kelopak serta sirip di samping. Bagian datar spoiler belakang pun dirubah. Akhirnya, downforce bertambah jadi seputar 800 kg dari mulanya 600 kg.

Buat kalian yang tidak paham Mclaren P1 GTR ini jelas berlainan dari Mclaren P1 umumnya. mobil ini adalah variasi spesial untuk circuit dari hypercar Mclaren P1. Dibuat begitu hanya terbatas untuk rayakan 20 tahun McLaren F1 memenangkan Le Mans 24 Hours 1995 yang lalu. Penampilannya saja begitu menyaratkan mobil balap tulen. Dengan paket aerodinamika berlebihan serta sayap superlebar. Patut harga nya dapat sampai $2,4 juta (Rp 34,8 miliar).