oleh

Le Mans 24 Jam 2020 Jadi korban virus Corona

iotoMagz.com – Penyebaran virus corona di Eropa kini semakin buruk, dan berdampak pada berbagai ajang otomotif yang digelar di sana. Termasuk balap ketahanan Le Mans 24 Jam 2020 yang diundur sampai pertengahan September mendatang.

Di tengah memburuknya kondisi kesehatan global akibat pandemi Virus Corona, dan juga pembatasan kunjungan di Prancis dan seluruh dunia, Automobile Club de l’Ouest (ACO), bersama dengan FIA menunda ajang  balap ketahanan Le Mans 24 Jam 2020, yang dijadwalkan pada 13-14 Juni menjadi 19-20 September 2020.

Tiru langkah F1 dan Formula E

Langkah ini mengikuti berbagai kejuaraan balap lain yang menunda atau lebih tepatnya meliburkan kompetisi balap di tengah wabah Corona yang semakin meluas. Sebelumnya, F1 sudah menunda atau membatalkan empat balapan awal musim 2020, dan Formula E meliburkan kompetisi selama dua bulan ke depan.

“Penundaan Le Mans 24 jam tahun ini, yang dijadwalkan 13-14 Juni, adalah solusi logis untuk menghadapi kondisi kesehatan yang semakin sulit kita semua hadapi saat ini. Tentu saja, kami akan mengerahkan segala usaha untuk memastikan keamanan dan kualitas acara kami,” papar Presiden ACO, Pierre Fillon.

Pertama dan yang paling penting, saya meminta semuanya untuk tidak menempatkan diri kita, orang yang dicintai, dan orang lain dalam bahaya. Hal paling penting saat ini adalah untuk menghentikan penyebaran virus. Kami juga berterima kasih untuk para staf medis yang bekerja tanpa lelah untuk kesehatan kita semua.

Berdampak pada jadwal kompetisi ketahanan lainnya

Penundaan Le Mans 24 Jam tahun ini juga akan berdampak pada berubahnya jadwal kejuaraan FIA WEC, European Le Mans Series, Michelin Le Mans Cup, dan juga jadwal balapan Ligier European Series.

Tak cuma itu, balapan WEC Spa 6 jam serta 1.000 km of Sebring di Amerika juga terdampak dari penyebaran virus corona. Saat ini, WEC sedang mencari tanggal alternatif agar balapan di Sirkuit Spa-Francorschamps dapat digelar sebelum Le Mans.

“Ini adalah keputusan tepat di tengah situasi saat ini. Saat ini, kami tengah merevisi jadwal balap WEC, ELMS, Michelin Le Mans Cup, dan Ligier European Series untuk sisa musim ini. Begitu juga dengan WEC Season 9, yang semula dijadwalkan September 2020,” papar Gerard Neveu, CEO FIA WEC dan ELMS.