oleh

Inilah Tips Untuk Merawat Motor Matic Supaya Lebih Awet

Jakarta, Iotomagz – Supaya motor matik masih nyaman serta awet, perlu perawatan dengan berkala yang baik. Seperti yang diterangkan oleh Kepala mekanik Yamaha Prihatin Motor di Cileungsi, Jaenal jika motor matik perlu perawatan dibagian CVT.

“Penyakit motor matik umumnya ada di bagian CVT, sebaiknya lakukan perawatan CVT setiap 6 bulan sekali. Sedang V belt mesti ditukar setiap 25 ribu km., serta ubah oli gardan setiap 6 ribu km.,” dikutip dari Tempo Senin, 9 Januari 2019.

Diluar itu, kampas ganda harus juga dicheck, sebab cukup dengan keadaan kotor saja dapat membuat motor matik bergetar. Akan tetapi, menurut dia masih bergantung pada penggunaan serta umur sepeda motor. “Jika motor aktif tentu saja bertambah cepat aus,” tuturnya.

BACA JUGA :  Journey of Wonder, Berpetualang ke-34 Negara Menggunakan Mitsubishi Pajero Sport

Walau demikian, langkah berkendara dapat membuat sisi kampas ganda ini lebih awet. Contohnya tidak membawa beban yang sangat berat, istirahatkan serta biarlah CVT motor matik dingin dengan alami waktu turing melalui tanjakan panjang.

Sebab waktu naik, CVT motor matik ini dapat lebih panas dibanding suhu di mesin. “Mesin ada pendingin, ada pelumas, sedang CVT tidak,” tutur Jaenal.

Dia memberikan, filter hawa harus juga teratur dibikin bersih, sebab menjadi penyaring hawa dari kotoran supaya tidak masuk ke ruangan bakar, pun ubah oli mesin setiap 3 ribu km..