oleh

Inilah kilas profil bos baru renault pengganti Carlos Chosn

Paris, Iotomagz – Renault ajukan dua nama yang memiliki pengalaman di bagian otomotif untuk menukar bos Carlos Chosn. Timbulnya dua nama ini memberi sinyal masa baru buat pabrikan Prancis ini bersama dengan partner aliansi Nissan serta Mitrubishi.

Thierry Bollore, yang menjalankan Renault semenjak Ghosn diamankan di Jepang November tahun kemarin, akan menggantikan kursi pimpinan (chief executive). Sedang Jean-Dominique Senard, CEO Michelin, ditunjuk menjadi ketua baru.

Dalam reaksi pertamanya pada penunjukannya, Senard berjalan untuk memberikan keyakinan investor mengenai apa yang diyakininya pada aliansi Renault-Nissan-Mitsubish “begitu penting”.

Ghosn, yang awal mulanya ialah orang sangat punya pengaruh di industri mobil global, sudah mengundurkan diri dari ke-2 peranan di Renault pada Rabu malam waktu dia masih tetap ada dibalik jeruji menanti persidangan. Pria berumur 64 tahun itu sudah dikeluarkan menjadi ketua Mitsubishi dan Nissan.

BACA JUGA :  Mobil Listrik Mercedes-Benz EQC Rencananya akan Diproduksi Daimler AG Mencapai 50 Ribu unit Mobil

Ghosn diduga tidak memberikan laporan beberapa puluh juta dolar pendapatannya saat delapan tahun paling akhir. Nissan menyongsong baik pengumuman Renault, mengutarakan keinginan untuk “set baru” dalam jalinan pada beberapa partner. “Ini ialah tonggak terpenting yang kami capai,” kata kepala Nissan Hiroto Saikawa pada wartawan di Tokyo seperti diberitakan China Daily, Selasa, 29 Januari 2019.