ReviewMotor

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

X-TEN: Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Bicara tentang Oli, bagi pemilik kendaraan pastinya tahu, mengganti oli adalah suatu keharusan untuk mengikuti siklus tertentu jika tidak ingin mesin mengalami kendala atau kerusakan. pertanyaan mendasar adalah untuk apa mengganti oli, fungsi oli, apa saja parameter dasar oli, oli mana yang harus dipilih agar sesuai dengan motor atau mobil, kenyataannya tidak semua konsumen mengerti.

Mempelajari Informasi Dasar Tentang Oli Motor

Pengetahuan dasar tentang minyak pelumas

Apa fungsi oli mesin?

  • Pelumasan (pengurangan gesekan, anti aus), anti korosi, pendinginan, penyegelan dan pembersihan mesin.
  • Pelumas SAE 10W, SAE 40, … adalah oli kelas tunggal yang hanya cocok untuk satu musim
  • Pelumas SAE 5W-40, SAE 20W-50, … adalah oli multi-grade, dapat digunakan sepanjang tahun dalam segala kondisi cuaca

Apakah oli padat (viskositas tinggi) oli yang baik?

Tidak. Viskositas dipilih agar sesuai dengan kondisi cuaca dan/atau performa mesin.

Performa oli mesin diwakili oleh apa?

Ada banyak sistem penilaian fitur karena:

  • organisasi teknis internasional seperti API (AS), ACEA (Eropa), JASO (Jepang)
  • produsen mesin (terutama untuk oli mesin otomotif)

Apakah produk pelumas di pasaran dengan viskositas SAE dan kelas kinerja API yang sama?

Oli X-TEN Jadi Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia3

Produk dari perusahaan terkemuka memastikan untuk memenuhi persyaratan teknis yang ditentukan oleh standar SAE dan API, sehingga pada dasarnya setara. Namun, setiap produk merek dapat dirancang secara khusus untuk memberikan manfaat luar biasa yang disesuaikan dengan segmen pasar tertentu.

Apa perbedaan antara oli mesin bensin dan oli mesin sepeda motor 4 tak?

Pada mobil, oli mesin hanya melumasi mesin, sehingga sering diformulasikan dengan viskositas rendah (kadang-kadang sangat rendah, misalnya SAE 0W-30, SAE 0W-40) dan ditingkatkan dengan aditif pengurang gesekan untuk pelumasan pelumasan yang baik dan mesin yang maksimal tenaga, mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, penggunaan oli mesin mobil untuk sepeda motor 4 tak dapat menyebabkan kopling selip.

Apa perbedaan antara oli sepeda motor 2-tak (2T) dan 4-tak (4T)? Apakah berbahaya menggunakan jenis oli yang salah?

Mesin 2T dan 4T berbeda dalam struktur dan jenis pelumasan, sehingga mereka membutuhkan dua oli yang sama sekali berbeda. Oli 2T dicampur dengan bensin dalam perbandingan yang sesuai dan masuk ke ruang bakar untuk melumasi silinder, piston, bantalan cincin, sehingga dibakar bersama bahan bakar. Ini adalah jenis pelumasan konsumtif total, sehingga minyak perlu diisi ulang terus menerus.

Pelumas 2T harus cair agar mudah bercampur dengan bensin (jadi dalam komposisi oli 2T ada pelarutnya). Oli 2T juga harus dibakar hingga bersih untuk mengurangi residu yang mencemari bougi, piston, ring dan menyumbat pipa knalpot (pipa), sehingga aditif yang digunakan untuk oli 2T juga berbeda dengan oli 4T.

Jika oli 2T digunakan pada kendaraan 4T, mesin akan menjadi lebih panas, lebih abrasif, dan seal oli dapat rusak oleh pelarut.
Sebaliknya, jika menggunakan oli 4T untuk kendaraan 2T, mesin akan tersumbat oleh banyak endapan, yang menyebabkan keausan dan kerusakan parah pada mesin dalam waktu singkat.

Bisakah menggunakan oli mesin skuter 4-tak untuk sepeda motor 4-tak? dan sebaliknya ?

Skuter mengoperasikan transmisi stepless yang digerakkan oleh sabuk yang lebih panas (tanpa transmisi gigi)

Memilih Oli Pelumas Sepeda Motor

“Lalu lintas di kota-kota besar selalu macet. Sepeda motor harus bergerak perlahan, mengubah kecepatan dan berhenti terus menerus; dikombinasikan dengan permukaan jalan yang tidak rata, tergenang… sehingga mesin harus bekerja dalam kondisi yang sangat berat.

Mengganti oli yang tepat dan berkualitas adalah salah satu persyaratan yang sangat penting dalam perawatan dan perawatan kendaraan, memastikan keselamatan pengguna.” gunakan rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia khusus kendaraan yang bermesin matic

Ada banyak jenis oli motor di pasaran dengan harga yang berbeda-beda. Dalam ruang lingkup artikel ini, kita akan mempelajari dan menganalisis struktur dan pengoperasian mesin sepeda motor, sehingga dikombinasikan dengan pengetahuan tentang pelumas untuk memilih jenis oli yang sesuai.

Mesin sepeda motor – mode pengoperasian.

Satu silinder mesin sepeda motor berkapasitas 200cc mampu menghasilkan 20 tenaga kuda dan kecepatan putaran hingga 9000 rpm. Sedangkan mesin mobil 1.6 L (1600cc) berkapasitas sekitar 100 tenaga kuda dan mencapai 6000 rpm.

Jadi, sebuah mesin sepeda motor menghasilkan 1/5 tenaga tetapi dengan kapasitas hanya 1/8. Oleh karena itu, pelumas sepeda motor perlu memiliki grade kualitas dan kekuatan geser yang tinggi untuk menjamin ketahanan lapisan minyak pelumas.

Pelumas untuk mesin sepeda motor 

Untuk sepeda motor empat tak (gearbox), transmisi dan kopling dipasang pada kotak mesin yang sama dengan mesin. Oleh karena itu, oli sepeda motor digunakan untuk melindungi dan melumasi mesin, transmisi dan kopling. Ini adalah fungsi tiga-dalam-satu dari pelumas sepeda motor.

Oleh karena itu, mereka harus memastikan fitur untuk melumasi mesin dengan baik, melindungi gearbox di bawah tekanan dan keausan, dan memiliki gesekan yang cukup untuk mencegah selip kopling. Sedangkan oli mobil hanya perlu melumasi dan melindungi mesin.

Oli Sintetis dan Oli Mineral

Oli X-TEN Jadi Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia3

Saat memilih pelumas, pertama-tama kita melihat jenis oli: Oli sintetis, oli mineral (berasal dari minyak bumi) atau oli semi-sintetik (perpaduan keduanya). Oli sintetis memiliki daya tahan dan perlindungan yang sangat baik, interval penggantian oli yang lebih lama, dan biaya yang tinggi.

Untuk mesin sepeda motor umum di atas, oli berbahan dasar oli mineral adalah pilihan yang paling optimal di pasaran. ambil beberapa contoh seperti Oli X-TEN yang sudah menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia yang berbahan dasar Base Oil Ester.

Oli Mineral & Sintetis

Pilih pelumas yang kemasannya jelas menyatakan bahwa itu adalah oli sepeda motor 4 tak. Biasanya pelumas sepeda motor memiliki kapasitas 1 liter atau 0,8 liter, tergantung pada rekomendasi manual garansi pabrikan untuk memilih kapasitas kemasan yang sesuai. Catatan, terkadang pelumas mobil juga memiliki kemasan 1 liter, sehingga perlu dibedakan dengan jelas agar tidak bingung.

Viskositas SAE

Ini adalah parameter dasar minyak, menunjukkan viskositas minyak, semakin tinggi indeks, semakin tinggi viskositas minyak (misalnya: 50 lebih tebal dari 40, 40 lebih tebal dari 30). Untuk sepeda motor tua, disarankan untuk menggunakan oli dengan viskositas tinggi (50) untuk memastikan kemampuan penyegelan bagian-bagian mesin.

Sepeda motor baru harus menggunakan viskositas yang lebih rendah (40) untuk membatasi gesekan dan menghemat bahan bakar. Skuter harus menggunakan viskositas 30 atau 40

Pasar oli sepeda motor yang populer adalah oli multi-grade dengan simbol 2 indeks viskositas: SAE 10W40, 20W40, 15W40 atau 20W50. Di mana, 2 digit terakhir adalah viskositas oli itu pada 100oC – suhu yang mendekati suhu kerja mesin. (Viskositas – satuan pengukurannya adalah Centistockes – cSt – memiliki sifat berubah-ubah dengan suhu, semakin tinggi suhu, semakin rendah viskositasnya, dengan kata lain jika dipanaskan, oli akan mengencerkan)

Perubahan karena suhu karena Hirarki Kualitas API, JASO

Parameter kedua yang harus diperhatikan adalah level kualitas API, yang terdiri dari 2 karakter, misalnya SG atau SL. Dimana S adalah lambang oli untuk mesin bensin (Mesin diesel dilambangkan dengan huruf C). G atau L menandai urutan penerbitan standar, misalnya standar SG diundangkan pada tahun 1993, SH pada tahun 1996, SJ pada tahun 1997, dll.

Nantinya, semakin tinggi standar kualitas pelumas, semakin tinggi grade kualitas yang ada sekarang SN , dikeluarkan pada Oktober 2010. (Lihat artikel Arti angka pada botol minyak untuk lebih memahami pelumas multigrade)

Klasifikasi API _ 789×395 Selain itu, untuk memastikan fitur anti slip kopling, JASO – organisasi standardisasi Jepang telah mengeluarkan standar T903 untuk mengatur koefisien gesekan pelumas sepeda motor 4-tak. Oli standar JASO MA2 memiliki koefisien gesekan tertinggi, yang sangat cocok untuk sepeda motor 4-tak dan membantu menghindari selip kopling sepenuhnya.

Sebaliknya, skuter membutuhkan pelumas gesekan rendah untuk menghemat bensin, kita harus memilih pelumas yang memenuhi standar JASO MB.

JASO_606x224 Catatan saat memilih pelumas untuk sepeda motor 4-tak

  • Jika menggunakan udara (angin) untuk meniup oli lama, Anda perlu memastikan bahwa udara sangat kering untuk menghindari kontaminasi air oli dari udara dan kerusakan pada seluruh oli baru yang akan diganti.
  • Untuk mesin yang sudah tua atau menggunakan oli, maka perlu dilakukan pengecekan level oli secara berkala dan dapat menambah oli pada mesin jika oli berada di bawah garis yang ditentukan dan belum diganti secara berkala.
  • Saatnya ganti oli, biarpun oli di mesin masih cukup, harus dikuras, jadi tidak disayangkan.
  • Perawatan rutin sistem pelumasan secara berkala.

Ganti Oli Berapa KM?

Oli X-TEN Jadi Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia3

Hal ini tergantung pada banyak faktor seperti: jenis oli, jenis kendaraan, kondisi kendaraan dan cara penggunaan. Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan manual pabrikan kendaraan untuk memutuskan kapan harus mengganti oli. Sebagai referensi dan untuk melindungi sepeda motor Anda dengan baik, dimungkinkan untuk mengganti oli setelah menggunakan sekitar 2.000-4.000 km.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Oli X-TEN;  adalah oli Full Synthetic Ester dengan kualitas terbaik

Mengapa memilih oli X-Ten?. Berikut ini beberapa keunggulan oli X-Ten dibanding oli merk lain :

1.Tahan lama

X-Ten merupakan oli yang dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama hingga menempuh perjalanan 5.000 km.  Hal ini dua kali lebih lama dari oli biasa yang maksimal hanya dapat menempuh 2.000 km.

X-Ten memiliki kadungan ESTER sebagai kelas tertinggi dari semua Base Oil lainnya. X-Ten merupakan oli full synthetic dan ester yang hanya tersedia di Planet Ban dan Mobeng.

2. Tarikan Enteng dan Tahan Lama

Oli X-Ten akan menjaga kondisi mesin motor tetap prima pada suhu tinggi saat perjalanan jauh dan menjaga akselerasi motor tetap stabil. Tarikan tetap enak saat perjalanan jauh dan macet. X-Ten mamiliki kemampuan proteksi yang lebih dengan membentuk lapisan pelindung dinding silinder sehingga aman dari gesekan piston. Membuat umur mesin menjadi lebih panjang dan aman untuk digunakan khususnya pengguna commuting / harian.

3. Membuat Mesin Anda Tahan Lama

X-Ten juga memiliki kemampuan cleansing tinggi. X-Ten dapat membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran. Berbeda dengan oli mesin biasa yang umumnya masih menyisakan kerak sisa-sisa pembakaran di bagian mesin dan bisa mengganggu performa mesin.

4. Direct to Consumer

Oli X-Ten adalah Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia. dengan sistem pemasaran oli X-TEN yang langsung menjangkau anda dari dekat, karena distribusi Oli X-TEN eksklusif hanya ada di Planet Ban dan Mobeng.

Dengan konsep ‘Direct To Customer’, Oli X-TEN dapat memaksimalkan biaya produksi dengan mengurangi biaya distribusi sehingga bisa langsung sampai ke tangan Anda melalui Planet Ban dan Mobeng terdekat.

Fitur Produk

Oli X X-TEN Motor Matic 125cc

X-TEN 10W30 Matic JASO MB/API SL (botol biru) untuk motor matic Honda Standar

X-TEN 10W40 Matic JASO MB/API SL (botol merah) untuk motor matic Yamaha, Honda dan Suzuki Standar

Oli X-TEN Jadi Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia3

Oli X-TEN Motor Matic 150cc

X-TEN 10W40 Super Matic JASO MB/API SL (botol ungu) untuk motor matic 150cc ke atas; NMax, Aerox, Vario 150, PCX

Oli X-TEN Jadi Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia3

Oli X-TEN Motor Bebek 110-125cc

X-TEN 10W40 JASO Moped MA/API SL (botol Hijau) untuk motor bebek dengan mesin dibawah 150cc

Oli X-TEN Jadi Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia3

Oli Motor Transmisi Manual/Klasik (Pemakaian Lebih Dari 5 tahun) 110cc – 125cc

X-Ten  20W50 JASO MA/API SO (botol Kuning) Untuk motor transmisi manual dibawah tahun 2015

Otomotif | Media Otomotif Indonesia | iotomagz X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia Review iotomagz, Oli X-TEN, Otomotif

Oli X-TEN Motor Transmisi Manual 150cc

X-TEN 10W40 JASO Sport MA/API SL (botol Orange) untuk motor transmisi manual dengan mesin 150cc

Otomotif | Media Otomotif Indonesia | iotomagz X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia Review iotomagz, Oli X-TEN, Otomotif

Oli X-TEN Sport Bike Premium 250cc

X-TEN 5W30 JASO Premium Sport MA2/API SN (botol Orange) untuk motor sport dengan mesin 250cc ke atas, jadi untuk anda yang memiliki motor dengan cc 250 seperti Yamaha R25 atau sejenisnya oli ini cocok digunakan

Informasi lengkap produk anda bisa mengunjungi laman resminya di xten.id

Torque

SEO Seperti Permainan Yang Menantang Buat Gw, Rasanya Tidak Puas Jika 1 Kali Menaikan Konten Tapi Tidak Bisa Menduduki Page #1, Sedikit Berlapang Dada Sih Kalau Masih Ada di Page #2, Karena Terkadang Honda Beat Belum Tentu Bisa Nyalip Ninja 250ZX,>> (Buat Yang Ngerti Aja)

Related Articles

Back to top button

Ad Blocker Terdeteksi

Silahkan Matikan sementara Adblocker anda. Terimakasih