Resmi Diluncurkan, Proton X70 Dijual Dengan Harga Rp 348 Jutaan

Diposting pada

Jakarta, Iotomagz.com – Proton X70 sah di luncurkan di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 12 Desember 2018. Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad dengan spesial ada dalam peluncuran ini didampingi beberapa menteri.

Ini ialah SUV pertama Proton sesudah pabrikan Malaysia itu sahamnya dibeli DRB Hicom Berhad serta Zhejiang Geely Holding Grup Co Ltd. Proton X70 dibuat dari basis Geely Boyue di Cina. Sekarang ini Proton X70 masih tetap di-import dengan Completely Built Up (CBU) dari Cina serta akan dirakit di Malaysia mulai 2019.

Perdana Menteri Mahathir dalam sambutannya, menjelaskan ia mengharap kerjasama pada Proton dengan Geely akan membuahkan mobil Malaysia yang sebenarnya di hari esok. “Tentunya mobil ini tidak didesain serta dibuat oleh Proton seutuhnya tapi supaya cepat (berjalan), Anda mesti berhemat,” tuturnya, seperti dilaporkan Bernama.

Diambil dari The Star Online, Proton X70 dikatakan sebagai SUV sangat diprediksi dalam riwayat otomotif Malaysia lebih dari 10 ribu pemesanan yang di terima di akhir Oktober 2018.

Dilaporkan Iotomagz, Sport Utility Vehicle (SUV) bikinan Proton Holding Berhad ini di tawarkan dalam 4 variasi yaitu Standard 2WD (Rp 348 juta/1 Ringgit Malaysia sama dengan Rp 3.487), Executive 2WD (Rp 382,8 juta ), Executive AWD (Rp 403,8), serta Premium 2WD (Rp 431,7 juta).

Dengan harga, Proton X70 mengarah fragmen Honda HR-V. Tetapi feature yang diberikan tidak kalah dengan fragmen yang tambah tinggi seperti Honda CR-V atau Hyundai Tucson. Proton X70 mempunyai dimensi panjang 4.519 mm, lebar 1.831 mm, tinggi 1.694 mm. Dimensi ini 225mm lebih panjang, 59 mm lebih lebar, serta 89 mm tambah tinggi serta wheelbase lebih panjang 60 mm di banding Honda HR-V.

Di banding Honda CR-V, X70 77mm lebih pendek, 24 mm lebih sempit, tetapi 15 mm tambah tinggi serta wheelbase lebih panjang 10 mm.

Dibagian belakang, persisnya bagasinya tidak sangat luas. Cuma 512 liter, lebih dikit di banding Honda CR-V dengan 522 liter. Sedang bagasi Nissan X-Trail tambah lebih luas dengan 550 liter. Meskipun begitu, bagasi Proton X70 bisa dioptimalkan dengan melipat lursi belakang (konfigurasi 60:40). Sayangnya, kursi sisi belakang Proton X70 tidak diperlengkapi dengan penyusunan maju mundur (sliding function) ataupun reclining).

BACA JUGA :  Membuat Pikap dan Mobil Listrik, Pabrikan Ternama Volkswagen dan Ford Siap Bekerja Sama

Dengan design, Proton X70 dapat dikatakan sebagai facelift dari SUV Boyue. Perihal ini tampak dari bentuk grill depan serta bemper. Tetapi muka Boyue masih tampak dengan jelas, cuma emblem Proton yang tampak mencolok memperbedakan dengan Boyue. Mode ini mengambil lampu penting dengan projector digabungkan lampu halogens untuk vs standard serta LED untuk variasi premium. Vs facelift yang memperbedakan dengan Boyue ini tampak jelas pada bemper dengan design lebih sporty, komplet dengan krom serta lampu kabut LED.

Dibagian interior, Proton X70 dapat dikatakan sebagai SUV murah dengan feature mahal. Perihal ini tampak dari pengaplikasikan skema infotainment baru berbasiskan Geely Smart Ecosystem (GKUI) yang diperlengkapi monitor sentuh LCD TFT 8 inci serta 16 giga bita penyimpanan internal. Skema ini telah diperlengkapi dengan konektivitas MirrorLink untuk smartphone Android, tetapi untuk Apple CarPlay serta Android Auto belumlah ada.

Selama ini feature paling besar ialah skema kontrol nada yang memakai tehnologi kecerdasan bikinan – sama dengan asisten pribadi yang belakangan ini dikenalkan oleh Mercedes-Benz serta BMW. Memakai arti aktivasi, “Hi Proton”, pemakai bisa mengatur semua manfaat kendaraan dari dalam kabin, seperti kontrol iklim (penyejuk hawa), pemutaran musik, navigasi, serta bahkan juga menjalankan jendela serta sunroof. Skema di interior ini diklaim dapat mengetahui suhu dengan automatis serta sesuaikan sampai sampai suhu baik.

Proton X70 diberi mesin besin 1.8 liter turbocharged, direct-injected, 4 silinder. Mesin ini mampu membuahkan tenaga maximum 181 HP pada 5.500 rpm serta torsi puncak 285 Nm pada 1.700 sampai 4.400 rpm. Tenaga melimpah ini dialirkan ke roda penggerak merlalui transmisi automatis 6 percepatan yang di kembangkan oleh Drivetrain Sistem International (DSI), anak perusahaan Geely. Tiga model berkendara yaitu Eco, Normal, serta Sport, ada di Proton X70.