Nissan Memperkenalkan MVP Baru, Apakah Mirip Mitsubishi Xpander?

Posted on

Jakarta, Iotomagz – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tengah menyiapkan kembaran Mitsubishi Xpander. Bila di produksi, low multipurpose vehicle (LMPV) itu jadi bentuk kolaborasi aliansi global Renault-Nissan-Mitsubishi di Indonesia.

“Memang benar mereka [Nissan] tengah menyiapkan, hanya detailnya mereka yang lebih tahu,” tutur Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI di antara penyerahan 401 unit Xpander pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. di Cengkareng, Pada Selasa, 11 Desember 2018.

Di konfirmasi terpisah, Kepala Komunikasi PT NMI Hana Maharani tidak menyanggah jika NMI sedang mempersiapkan MPV baru. “Kami akan mengenalkan MPV baru, tetapi detailnya belumlah ada yang dapat dikatakan saat ini,” kata Hana pada,  Rabu, 12 Desember 2018.

Saat dipaksa apa MPV baru itu adalah kembaran Mitsubishi Xpander, Hana cuma berujar “tunggu saja.”

Sekarang ini, NMI mempunyai produk MPV yang masih tetap di pasarkan yaitu Nissan Grand Livina. Livina adalah Low MPV 7 penumpang yang berkompetisi dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, serta Daihatsu Xenia.

Diambil dari Usaha.com, berita Nissan akan menghasilkan kembaran Mitsubishi Xpander pertama-tama dikatakan oleh Chief Executive Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Osamu Masuko pada awal November kemarin. Ia menjelaskan, MMC akan memasok kendaraan bermotor mobil Xpander ke Nissan pada awal tahun kedepan. Namun, design serta nama kendaraan itu akan bergantung pada Nissan.

Untuk didapati, langkah Mitsubishi yang akan memasok LMPV-nya ke Nissan adalah satu bentuk kerja sama ke-2 perusahaan di Indonesia mengingat sudah tersambung aliansi pada tataran prinsipal global pada Nissan, Renault, serta Mitsubishi.

Nissan ikut direncanakan akan memroduksi mesin Mitsubishi Xpander pada tahun fiskal 2020, serta Mitsubishi akan beli mesin yang di produksi oleh Nissan menjadi sisi dari bentuk kerja sama itu.

Sekarang ini, kandungan lokal pada LMPV Xpander sampai 71 %, serta akan alami penambahan sebesar 9 % jadi 80 % dengan diproduksinya mesin Mitsubishi Xpander di NMI pada tahun fiskal 2020.

Share article