Nissan LEAF Aman saat Lewati Genangan Air, Maksimum 60 cm

Diposting pada

Karawang, Iotomagz – Mobil listrik Nissan LEAF diklaim aman saat melewati genangan air maksimum setinggi 60 centimeter. Mobil full listrik ini juga disebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk aktivitas sehari-hari di berbagai kontur jalan di Indonesia.

“Semuanya sudah didesain sedemikan rupa, bahkan ketika harus melewati jalan yang tergenang air. Mobil ini akan aman sampai dengan ketinggian maksimum 60 centimeter,” kata Senior Manager R&D Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis, di sela-sela kegiatan Test Drive Nissan LEAF di Sirkuit Bridgestone, Karawang, Senin, 9 September 2019.

Kalau genangan air lebih dari 60 centimeter kata, Jauhari kemungkinan besar sudah masuk ke dalam kabin mobil. Namun terkait hal itu, dia menyatakan bahwa baterai Nissan LEAF sudah melewati berbagai tes terhadap berbagai kondisi termasuk saat banjir.

“Soal baterai itu, kita sudah lakukan pengetesan terhadap kondisi banjir dengan simulasi ketinggian 60 centimeter. Tidak perlu khawatir soal itu lah,”ujar dia.

BACA JUGA :  MMKSI Mencatat Penjualan Kendaraan Terbesar Selama di Indonesia

Selain itu, Nissan LEAF juga disebut aman saat dicuci menggunakan mesin yang umumnya di menggunakan beredar di Indonesia. Sepanjang soket pengisian daya tertutup itu sudah tertutup itu sudah aman, kata Jauhari.

Untuk diketahui, Nissan LEAF merupakan produk mobil listrik dari Nissan yang telah dijual ke 51 negara di dunia. Total penjualan mobil ini diklaim sudah mencapai 400 ribu unit.

Untuk Indonesia sendiri, NMI selaku agen pemegang merek di tanah air akan menjual Nissan LEAF mulai tahun 2020. Sementara untuk harga, pihak Nissan belum mau menyebut detail pastinya.