Review : Hypercar Toyota GR

iotomagz toyota gr

iotoMagz.com – Kita tahu bahwa Toyota bersiap untuk kelas WEC Hypercar 2022, di antara hat-trick kemenangannya di Le Mans 24hr, Toyota Gazoo Racing menggunakan balapan ketahanan 2020 sebagai kesempatan untuk memamerkan pesaing kelas LM Hypercar-nya, meskipun dalam kamuflase. pada persiapan debut awal musim yang ditunggu-tunggu akhir tahun ini, Gazoo Racing telah mengumumkan bahwa mereka telah membuka tampilan penyamaran ini untuk pertama kalinya pada 15 Januari lalu, dan mengungkapkan GR Super Sport secara penuh.

Kami tidak hanya akan menerima pembalap baru dengan trek yang menarik, tetapi karena peraturan Le Mans Hypercar Toyota akan menghasilkan beberapa spesial homologasi jalan, menampilkan powertrain dari mobil LMP1 saat ini. Ini tidak hanya akan membangun koneksi yang kuat antara aktivitas motorsport Toyota dan mobil jalannya, tetapi teknologi dan pengetahuan yang telah dikumpulkan Toyota Gazoo Racing mengembangkan mobil LMP1 akan langsung dipindahkan ke mobil jalan baru.

Drivetrain THS-R (Toyota Hybrid System – Racing) yang digunakan dalam Toyota LMP1-H TS050 Hybrid dan GR Super Sports Concept menghasilkan 735kW milik V6 2,4 liter twin-turbocharged dan dua motor listrik. Kedua motor listrik tersebut ditenagai oleh baterai lithium-ion dan mengembangkan tenaga yang sama (367kW) dengan V6. Sesuai peraturan Le Mans Hypercar, namun, pebalap akan dibatasi pada total output 500kW, angka yang dikonfirmasi dalam posting teaser baru-baru ini.

Meskipun masih terlihat jelas dipengaruhi oleh saudara balapnya, Konsep GR Super Sports toyota yang berjalan di jalan kurang brutal. Gertakan, lengkungan ponton persegi mobil balap lebih datar dan halus pada konsep, sisi lebih dipahat dan belakang lebih pangkas dan lebih rapi. GR Super Sports Concept memang masih memiliki hidung segitiga yang menonjol dari mobil balap, mirip dengan yang terlihat pada konsep Toyota Supra.

Presiden Toyota Gazoo Racing, Shigeki Tomoyama, tidak mengungkapkan kapan hypercar Toyota akan menghantam jalan, tetapi mengatakan: ‘pada titik tertentu dalam waktu dekat, pelanggan akan memiliki kesempatan untuk berada di belakang kemudi mesin yang luar biasa ini dan mengalami kekuatan dan kinerja mengemudinya yang menakjubkan.’

Meskipun Toyota tidak memiliki sejarah panjang dan terkenal dalam menciptakan mobil sport super, Toyota memiliki bentuk ketika mengubah pembalap prototipe Le Mans menjadi mobil jalan. Kembali pada akhir 90-an, ketika peraturan GT1 mengatur balap ketahanan, aturan menetapkan bahwa versi jalan dari setiap mobil balap GT1 harus diproduksi. Toyota dengan ringan mengubah pebalap GT-One-nya untuk membuatnya memenuhi syarat untuk jalan, seperti yang dilakukan Porsche, Mercedes, dan Nissan dengan mobil balap GT1 mereka.

Hypercar hybrid baru Toyota akan, sama seperti GT-One, naik melawan Mercedes ketika akhirnya dirilis. Mercedes-AMG Project One juga akan memiliki powertrain 745kW yang berasal dari balapan, tetapi satu dipinjam dari mobil F1 daripada prototipe mobil sport.

Selain secara langsung menyalakan mobil jalan berikutnya, pemahaman Toyota mengumpulkan dari program balapan dan hypercar akan membantu memberi daya pada generasi berikutnya dari mobil sport part-electric.

Berbicara tentang konsep dan model kinerja masa depan yang ditetapkan untuk muncul dari sub-merek Gazoo Racing baru, seperti Supra yang akan datang, Presiden Toyota Gazoo Racing, Shigeki Tomoyama mengatakan, ‘daripada mengembangkan mobil produksi menjadi mobil sport, kami bertujuan untuk mencari tahu bagaimana memasukkan pengetahuan yang diperoleh dari balapan dan reli ke dalam mobil produksi. Inilah bagaimana kompetisi olahraga berkontribusi pada upaya Toyota Gazoo Racing untuk membuat mobil yang selalu lebih baik.

“Saya berharap bahwa Konsep GR Super Sport akan memberikan rasa dari apa yang ingin kami capai dengan mobil sport generasi berikutnya.’ Sejauh ini merek baru Gazoo telah menghasilkan GR Yaris, Supra dan Yaris GRMN baru yang luar biasa, tetapi masih memiliki rencana besar ke depan untuk memperluas jangkauan kinerja Toyota.

Share This Article
By Natio
Follow:
Banyak orang meninggalkan kedai kopi untuk bekerja. justru aku mendatangi kedai kopi untuk memulai bekerja. karena bagiku kopi adalah sumber inspirasi.
Leave a comment