Menperin Menghimbau Baterai Mobil Listrik Dibuat Didalam Negeri

Jakarta, Iotomagz – Berbagai pertanyaan muncul ketika era mobil listrik masuk ke Indonesia. Apalagi Peraturan Presiden (Perpres) mobil listrik telah diteken Presiden RI Joko Widodo. Salah satu pertanyaannya adalah tentang baterai mobil listrik. Pertanyaan tersebut muncul karena baterai merupakan komponen inti dalam kendaraan listrik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa untuk baterai listrik untuk kendaraan yang ada di Indonesia harus dibuat lokal.

Karena menurutnya meski saat ini belum ada yang memproduksi baterai mobil listrik, Indonesia dianggap punya sumber dan kemampuan untuk membuat baterai secara lokal. Ditambah ongkos yang tidak sedikit ketiak impor baterai dari luar negeri.

“Kalau baterai harus dibikin di dalam negeri karena apa? karena baterai itu berat, gotong-gotong baterai itu berat, dan ongkosnya tinggi, jadi seluruh indsutri mobil listrik, baterai itu harus dibuat lokal,” ujarnya Airlangga kepada wartawan, di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

- Advertisement -

Namun kata Airlangga, bukan berarti produksi mobil listrik menunggu kesiapan produksi baterai. Karena keduanya saling berhubungan antara baterai dengan mobilnya.

“Bareng, karena kalau ada baterai harus ada mobil, kalau ada mobil harus ada baterai,” katanya.

Selain itu Airlangga juga menjelaskan ada beberapa komponen penting untuk mobil listrik yang masih harus diimpor dari luar negeri, yakni baterai, dan powertrain.

“Yang diimpor dari luar untuk mobil listrik itu baterai, kemudian powertrain, kemudian motor dalam powetrain ada komputer dan motor. Nah itu tiga itu belum dibikin di sini,” ujarnya.

Share This Article
By Natio
Follow:
Banyak orang meninggalkan kedai kopi untuk bekerja. justru aku mendatangi kedai kopi untuk memulai bekerja. karena bagiku kopi adalah sumber inspirasi.
Leave a comment