Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan

iotomagz
iotomagz
3 Min Read

Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan

Bali, iotomagz.com – Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 terus memberikan langkah nyata dalam memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Hal ini didukung dengan kunjungan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi; Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Hendro Sugiatno serta pejabat tinggi Pratama dan Madya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ke area pameran PKBLBB 2022 di Art Bali, Nusa Dua.

Di sisi lain, program edukasi dan sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat yang hadir dengan tema “Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan” menghadirkan narasumber yang memberikan informasi menarik setiap harinya. Hadir pada hari ini (13/11) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nizam; Kepala Dinas Perhubungan Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta; Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno. “Kami terus mendorong komponen-komponen kendaraan listrik untuk dapat diproduksi dalam negeri, dengan adanya kerjasama yang baik antar pemerintah dengan instansi pendidikan diharapkan hal ini dapat terjadi dalam waktu dekat.” ujar Nizam.

Dari sisi pemerintah daerah, Samsi Gunarta menjelaskan, “Beragam program pemerintah pusat yang telah diimplementasi oleh pemerintah daerah untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik agar dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih.” Dalam segi keselamatan penggunaan kendaraan listrik, “Untuk saat ini masih dalam tahap sosialisasi, namun diharapkan akan dapat terus dilakukan agar masyarakat dapat semakin yakin dan diikuti oleh beragam riset yang dapat dilakukan dengan kerjasama antara pemerintah dan instansi pendidikan terkait untuk menciptakan hasil yang maksimal.” ujar Djoko.

- Advertisement -

Semakin semarak, hadirnya program talkshow dari brand Optima, PERIKLINDO, Gesits, dan Zero yang membahas beragam program unggulan dalam mendukung kendaraan listrik di Indonesia.

Selain menyuguhkan program-program menarik, memasuki penyelenggaraan hari ke-3 PKBLBB (13/11) terdapat launching Bus Listrik Merah Putih (BLiMP) yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang digunakan sebagai kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali. BLiMP merupakan karya desain Anak Bangsa dengan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia. Hadir dalam peluncurannya Menteri Perhubungan Republik Indonesia serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

Share this Article
adbanner