GOODYEAR PIONIR PRODUKSI BAN UNTUK MOBIL LISTRIK: PEMIMPIN INDUSTRI REVOLUSI KENDARAAN ELEKTRIK

Natio
By Natio

GOODYEAR PIONIR PRODUKSI BAN UNTUK MOBIL LISTRIK: PEMIMPIN INDUSTRI REVOLUSI KENDARAAN ELEKTRIK

Selama 125 tahun beroperasi, inovasi telah menjadi nadi Goodyear yang menggerakkan perusahaan dan menjadi pembawa perubahan tren di industri otomotif. Elektrifikasi masif dunia yang kini marak dan sejalan jaman juga telah memicu Goodyear untuk memperluas produksinya memenuhi kebutuhan pemilik kendaraan listrik kedepannya dan seterusnya.

Akron, Ohio, iotomagz – Goodyear adalah pionir inovasi dalam industri ban khusus kendaraan listrik di dunia. Tahun 2015 dalam Geneva Autoshow, Goodyear pertama kali memperkenalkan produk konsep terbaru untuk kendaraan listrik, Goodyear BH03.

Goodyear BH03

Saat dunia otomotif masih terpaku dengan kecepatan, Goodyear telah melihat datangnya jaman elektrik dalam dunia otomotif.

Saat dibawa dalam Geneva Autoshow 2015, ban BHO3 diklaim dapat mengonversikan panas yang dihasilkan melalui gesekan dengan aspal menjadi energi listrik, yang kemudian akan disalurkan ke dalam baterai yang digunakan mobil listrik (thermoelectric). Sementara tipe yang lain menghasilkan energi listik dari energi kinetic yang dihasilkan dari perputaran ban itu sendiri (piezoelectric).

Ban konsep ini menjadi sangat penting untuk masa depan kendaraan listrik. Dengan BHO3, keausan ban menjadi outcome yang menambah umur pakai baterai kendaraan listrik. Juga memaksimalkan fungsi ban yang sesuai dengan nilai ekonomis yang dikeluarkan.

“Masalah utama untuk kendaraaan listrik seperti halnya kendaraan konvensional adalah fuel efficiency, ini berarti ban mobil listrik harus diformulasikan khusus untuk bisa menjangkau jarak yang lebih jauh. Perbedaan ban konvensional dan kendaraan listrik inilah yang mendorong Goodyear terus mencari solusi memenuhi kebutuhan pasar”, kata Iman Santoso, Direktur Komersial PT Goodyear Indonesia.

Goodyear ELECTRICDRIVE GT

2021. Di tahun ini Goodyear menghadirkan ban khusus kendaraan listrik, Electric Drive GT. Ban segala musim ini memiliki performa tinggi dengan durability dan tambahan SoundComfort Technology® yang cocok juga untuk kendaraan berkapasitas muatan ekstra di kendaraan listrik.

Wakil Presiden, Pengembangan Produk Goodyear Americas, David Reese memberikan pendapatnya, “Kendaraan listrik menghadirkan serangkaian persyaratan yang sangat spesifik seperti beban ekstra (karena baterai), torsi, kebisingan, jangkauan, hambatan putar, dan kinerja keseluruhan.”

Selain pola tapak yang optimal untuk keausan, pola tapak asimetrisnya menjawab kebutuhan traksi dan penguasaan kendaraan di atas permukaan jalan basah atau kering. Sementara SoundComfort Technology membantu mengurangi kebisingan jalan.

Goodyear ElectricDrive GT telah menjadi OE untuk Tesla Model 3 dan Model Y.  

“Peningkatan tren kendaraan elektrik di Indonesia semakin tinggi setiap tahunnya. Target pemerintah untuk 600.000 unit kendaraaan listrik pada 2030 membuat kami semakin berambisi menopang produksi ban khusus ini di Indonesia. Keberhasilan perusahaan induk kami dalam memproduksi ban untuk kendaraan listrik Tesla adalah contoh komitmen perusahaan atas sustainability dan bukti nyata  kepemimpinan kami di industri,” ditambahkan oleh Iman S.

GOODYEAR DI CONSUMER ELECTRONIC SHOW – LAS VEGAS 2023

Dalam ajang bergengsi tahunan, CES 2023 di Las Vegas Amerika Serikat. Goodyear membawa tidak hanya satu tapi sekaligus lima jenis ban yang semuanya sesuai tuntutan zaman.

Mulai dari ban tanpa tekanan angin, intelligent tires dengan teknologi proof-of-concept yang dijuluki SightLine yang dapat secara akurat memperkirakan potensi gesekan ban-jalan dan memberikan informasi real-time ke sistem penggerak otomatis (ADS) Gatik. Hingga ban bermateri 90% daur ulang, ban untuk armada dan tentunya ban untuk kendaraan elektronik, Goodyear ElectricDrive GT pada Tesla Y.

Kelima ban ini diaplikasikan dalam kendaraan yang berputar di kota Las Vegas sepanjang acara berlangsung.

Share This Article
By Natio
Follow:
Banyak orang meninggalkan kedai kopi untuk bekerja. justru aku mendatangi kedai kopi untuk memulai bekerja. karena bagiku kopi adalah sumber inspirasi.