Goodyear Ciptakan Eagle Go Khusus Untuk Mobil Citroën Oli, Mampu Tempuh Jarak Hingga 500,000 Km

iotomagz
iotomagz
3 Min Read

Goodyear Ciptakan Eagle Go Khusus Untuk Mobil Citroën Oli, Mampu Tempuh Jarak Hingga 500,000 Km

Akron, Ohio, iotomagz.com – Selama lebih dari 120 tahun Goodyear konsisten berinovasi menciptakan teknologi mobilitas yang berkelanjutan dengan perawatan yang minim. Kini, Goodyear mengembangkan ban konsep berkelanjutan Eagle GO yang dirancang khusus untuk kendaraan konsep dari Citroën, Oli.

Eagle GO merupakan ban konsep yang ketiga yang dikembangkan bersama Citroën. Hadir dengan tapak yang dibuat hampir seratus persen menggunakan bahan berkelanjutan atau daur ulang, ban ini menggunakan senyawa yang meliputi:

  • Minyak bunga matahari dan resin pinus sebagai pengganti minyak bumi yang berasal dari fossil,
  • Karet alam dari pohon Hevea brasiliensis sebagai pengganti kompon karet berbasis minyak bumi,
  • Silika abu sekam padi digunakan untuk mengurangi jumlah limbah sekam dari industri pengolahan beras yang mencapai TPA.

Citroën Oli sendiri merupakan kendaraan konsep berjenis truk pickup perkotaan yang menggunakan tenaga listrik dengan mengeksplorasi bahan dasar yang berkelanjutan. Dalam konsep ini, penggunaan ban konsep Goodyear Eagle GO menjadi selaras dengan tujuan kendaraan konsep ini.

- Advertisement -

Fitur tambahan Eagle GO

Guna meningkatkan tingkat ramah lingkungannya, Eagle GO juga dirancang untuk memiliki ketahanan yang kuat dengan potensi untuk diperbarui dua kali masa pakainya (retread), dengan masa pakai total hingga 500,000 km. Fitur lain dari ban konsep ini adalah penggunaan teknologi Goodyear SightLine, yang menyediakan parameter kondisi kelaikan ban melalui sensor. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi limbah karena ban dapat dijaga pada tekanan optimal untuk memastikannya tetap dalam kondisi baik.

Pada 2027, Goodyear menargetkan akan menghadirkan teknologi intelligent artifisial yang mendukung data dan sensor di semua produk barunya.

Arsitektur ban telah berkembang pesat dengan menggabungkan material berkelanjutan dan teknologi cerdas,” jelas Laurent Colantonio, Direktur Teknologi Regional EMEA, Goodyear. “Dengan Citroën, kami memiliki hubungan yang menyediakan tempat percobaan yang bagus untuk mengembangkan dan menguji teknologi dan teknik baru dalam industry ban.  “Ban konsep adalah cara yang fantastis bagi Goodyear untuk meneliti dan mengembangkan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan ke dalam produk kami. Pembelajaran dari proyek menuju masa depan akan menjadikan kami sebagai penggerak mobilitas yang secara konsisten berinovasi pada produk dan layanannya,” tutup Laurent.

Share this Article
adbanner