oleh

Warga kota Depok sebaiknya siapkan garasi dulu sebelum beli mobil.

iotoMagz.com – Depok, Baru-baru ini Pemerintah Kota Depok mengesahkan Perda Kota Depok tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Diantaranya mengenai warga yang punya mobil harus punya garasi di rumah.

Aturan itu tertuang pada revisi PerDa Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 2 Thn 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan.

Pada revisi yang dimasukkan Pasal 34A memuat tentang garasi. 1): setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

2): menjelaskan tentang menguasai atau memiliki garasi sebagaimana dimaksud pada ayat 1 yaitu milik sendiri, sewa, atau milik bersama. 3): yaitu ketentuan lebih lanjut soal penguasaan atau kepemilikan garasi bakal diatur melalui Peraturan Walikota Depok.

Sanksi kepada yang melanggar ditetapkan pada Pasal 34B yang isinya, 1). pelanggaran terhadap pemenuhan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34A dikenakan sanksi administratif. 2. sanksi yang dimaksud yaitu peringatan tertulis dan sanksi administratif.
3). terhadap pelanggar ketentuan Pasal 34 A dikenakan denda maksimal Rp2 juta. Ketentuan lebih lanjut mengenai sanksi juga akan dirumuskan melalui peraturan Walikota Depok.

BACA JUGA :  Alasan BMW Andalkan Pasar di Daerah Sebagai Penjualan Mobilnya

Salah satu komunitas yang kami temui saat acara anniversary Indonesian Black Car Comunity (IBCC) sabtu, 11/1/20. Setuju dengan PerDa tersebut, yang sebagian anggotanya berasal dari kota Depok, mengenai hal ini justru sangat setuju dengan peraturan ini. alhamdulillah sampai sejauh ini anggota kita mayoritas memiliki garasi semua, karena kalau saya sendiri parkir dijalan udah pasti ngganggu sih,, biasanya kalau wilayah perumahan biasanya ada batasan yang sudah ditentukan yang boleh dipakai, kalau jalan pemerintah harusnya dijelaskan juga batasannya, misal dari tempat usaha kita kejalan dan sebagainya, juga diterapkan secara benar regulasinya bagaimana. ujar Uba.

Di sisi lain juga ada Warga Depok yang kami temui mengaku keberatan dengan adanya aturan tersebut. Sebab dia dan beberapa warga lainnya sudah lama memakai sisi kiri jalan sebagai tempat parkir mobil mereka. sebenarnya punya garasi, tapi ya cukup buat satu mobil di rumah. Tapi dia punya dua mobil pikap yang di pakai buat kerja, yang diparkir di pinggir jalan depan rumah.

BACA JUGA :  Ford Mengumumkan akan Hentikan Produksi Hatcback C-Max Serta Minivan C-Max Mav, Adapun Penjelasannya

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Mengungkapkan, perlu waktu 2 tahun untuk mengimpelementasikan perda ini, karna harus regulasi berupa pedoman teknis dan mekanisme peraturan di tahun pertama, dan tahun kedua merupakan sosialisasi, fasilitasi dan asistensi kepada warga ungkap Dadang.

Jika semua sudah diterapkan dalam 2 tahun kedepan baru sanksi bisa diterapkan. pasal ini bertujuan untuk menjaga fasilitas dan ketertiban umum, sepertihalnya jalan sesuai kegunaannya.

Belum diterapkan Perda Kota Depok sudah menuai pro dan kontra diantara warga kota depok sendiri. Sobat iotoMagz yang ada di Kota Depok ada baiknya siapkan dulu ya garasinya biar gak nganggu jalanan umum apalagi sampe kena denda. hehehe

News