oleh

Mobil Oplet “Si Doel” (Morris Minor) Ori Harganya Tembus Gopek Tiao

Jakarta, Iotomagz – Dalam pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2019, kendaraan angkutan umum terdahulu kembali dipertunjukkan. Maksudnya adalah untuk memberi edukasi penduduk serta melestarikan riwayat transportasi di Indonesia.

Satu diantara banyaknya yang unik ialah Morris Minor 100 tahun 1957. Pemiliknya, Salim, menjelaskan jika mobil ini peninggalan sisa transportasi umum yang dulu dimaksud oplet.

Kehadiran Morris Minor 100 sekarang ini, menurutnya telah sedikit serta termasuk sangatlah langka di Indonesia. “Kalau di Indonesia dapat dihitung jari lah ya, saya baru nemuin dua mobil yang semacam ini,” katanya di Jakarta Rabu, 20 Maret 2019.

Sebab kelangkaannya, mobil classic ini mempunyai harga yang tinggi, ditambah lagi masalah spare part masih tetap menjaga bagian originalitas. “Kalau di jual ya tentu diatas Rp 500 juta ya, ini 100 % ori,” katanya.

Dapur picunya memiliki 950 cc 4 silinder, masalah perawatan yang penting, katanya mesti teratur ganti oli, ditambah lagi jika ingin ke luar kota mesti kontrol dulu. Dia menggunakan oli Repsol 20W-50.

Riwayat mobil classic ini dimulai pada tahun 1930 menjadi angkutan umum yang dimaksud oplet generasi pertama di Indonesia. Lalu tahun 1950 beroperasi dengan trayek sah.

Oplet ini mengabdi hampir 30 tahun, sampai pada 1979, trayek oplet dihapuskan, serta tahun 1981 digantikan dengan mikrolet ataupun Koperasi Wahana Kalpika (KWK).

Author : Dj. Poetra

Gambar Gravatar
Seorang yang masih belajar dalam hidup, Pengalaman adalah guru terbaik, karena guru terbaik belum tentu berpengalaman.