oleh

Kiprah Setengah Abad Mercedes-Benz di Indonesia ditandai dengan Donasi Replika Mobil Pertama Dunia

-Berita, Mobil-27 views

Tonggak sejarah Master Mercedes Benz di Indonesia

Mobil pertama pada tahun 1894 yaitu Victoria Phanton tiba di Pulau Jawa. 8 tahun kemudian setelah Carl Benz membangun mobil pertama yang dikenal sebagai mobil pertama di dunia. Sebuah kendaraan bermotor telah dimiliki oleh orang Indonesia Sultan Surakarta sekarang Solo-Pakubuwono X memesan mobil Benz dri Prottle&Co. Sebuah perusahaan yang berlokasi di pasar besar di Surabaya. Bensz Victoria di impor dari Eropa dan bernilai 10.000 gulden. Kendaraan tersebut memiliki tenaga 5 HP mesin 1 silinder dengan perpindahan 2,0 liter dan dilengkapi dengan bahan karet yang keras.

Pada era dimana sebagian besar transportasi darat terdiri dari sebuah Kereta yang ditarik oleh kuda. maka kereta yang berjalan sendiri tanpa Seekor kuda dianggap unik. banyak orang Jawa menyebutnya kereta setan. sementara mobil daimler yang pertama kali hadir 13 tahun kemudian, yait di tahun 1907. kendaraan tersebut bernam britze daimler, yang ditenagai oleh Mesin 4 silinder 45 HP mobil ini juga merupakan milik Pakoebuwono X.

Pada tahun 1934. Mercedes-Benz type 500K yang menggunakan supercharger masuk ke Indonesia. mobil ini memiliki tenaga mesin 8 silinder dengan kapasitas 5,0 liter tanpa supercharger tenaga maksimum yang dihasilkan yakni 100 hp. Namun dengan supercharger daya ditingkatkan hingga tenaga maksimum mencapai 160 HP mobil 500K mencapai kecepatan tertinggi 160 km per jam, ini merupakan suatu hal yang luar biasa untuk kendaraan buatan 1930 an yang berbobot cukup berat.

News