by

Januari 2019, Penjualan Xpander Masih Memimpin dengan Total 5.708 unit.

Jakarta, Iotomagz – Produsen otomotif ramai-ramai menghasilkan produk baru membuat pertarungan memanas. Awal tahun ini, Toyota meluncurkan Toyota Avanza bersama dengan Daihatsu Xenia. Tidak berlalu lama, Nissan juga keluarkan All New Livina. Disusul Honda dengan facelift Mobilio.

Akan tetapi dalam penjualan Januari 2019 Mitsubishi Xpander pimpin dengan penjualan (wholesales) sekitar 5.708 unit. Kompetitor pentingnya, Toyota Avanza menyusul dengan 5.568 unit. Data itu berdasar pada data Kombinasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia.

Pertarungan Mitsubishi serta Toyota di fragmen itu memang makin ketat karena pasar multipurposed vehicle (MPV) masih tetap jadi pasar gemuk di industri otomotif tanah air, terutamanya LMPV.

Direktur Pemasaran serta Marketing PT Mistubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MNKSI) Irwan Kuncoro menjelaskan jika Xpander yang dikatakan sebagai game changer sudah menunjukkan diri jadi pemimpin pasar LMPV pada bulan-bulan pertama tahun ini.

“Januari serta Februari tahun ini, Xpander sudah jadi nomer satu di fragmen LMPV,” katanya di Jakarta, Rabu 14 Maret 2019.

Pesaing yang lain seperti Daihatsu Xenia selalu membuntuti dengan penjualan 3.037 unit tapi Suzuki Ertiga mesti kerja sangat keras sebab cuma sukses jual 894 unit.

Akan tetapi, dalam keseluruhnya penjualan merk, Toyota masih tetap pimpin pasar dengan penjualan 25.092 unit atau ambil 30,8% pasar pada bulan pertama tahun ini. Daihatsu menyusul dengan 14.769 unit atau kuasai 18,1% pasar serta Mitsubishi dengan penjualan 11.712 unit atau kuasai 14,4% pasar.

Diluar itu, Irwan memandang munculnya makin banyak produk baru akan berefek positif buat pasar, termasuk juga Mitsubishi. Di segman MPV ada “kembaran” Xpander yaitu All New Livina serta di fragmen SUV muncul Wuling Almaz serta dalam tempo dekat DFSK Glory 560 akan di luncurkan.

“Kalau pasar makin besar, kita [Mitsubishi] akan diuntungkan. Kami juga pasti memperoleh penambahan volume [penjualan] pun,” katanya

Munculnya All New Livina yang desainnya begitu serupa dengan Xpander juga tidak dipandang seperti satu intimidasi. Menurut dia, walau ada pada sebuah aliansi, Mitsubishi serta Nissan mempunyai taktik branding, pemasaran, serta jaringan semasing.

Author : Dj. Poetra

Gravatar Image
Seorang yang masih belajar dalam hidup, Pengalaman adalah guru terbaik, karena guru terbaik belum tentu berpengalaman.