oleh

Eittss..Mobil Tua Belumlah Pasti Disebut Mobil Classic

Bogor, iotoMagz – Cukuplah banyak beberapa jenis mobil tua yang mempunyai pengagum spesial serta banyak dicari orang. Harga jualnya juga dapat makin naik seiring waktu berjalan.

Biasanya beberapa orang yang memandang mobil tua bernilai mahal menjadi mobil classic. Akan tetapi asumsi ini dipandang salah.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pengagum Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Em Samudera menjelaskan, tidak semua mobil tua bernilai mahal dapat dimaksud mobil classic. Karena penyematan kata classic harus juga lihat latar belakang produksi dari mobil itu.

Menurut Samudera, penyematan kata “mobil classic” lebih pas diperuntukkan pada mobil-mobil tua yang dulunya berstatus mobil elegan atau mobil yang di produksi hanya terbatas. Acuannya ialah kata “classic” tersebut yang bermakna berharga.

“Jika mobil tua yang dulunya di produksi untuk mobil harian serta banyaknya banyak, tidak dapat dimaksud mobil classic. Cukuplah bilangnya mobil tua,” kata Samudera waktu didapati Kompas.com di Kebun Raya Bogor.

BACA JUGA :  Wuling Almaz di Claim Miliki Fitur Keselamatan Tercanggih di Kelasnya

Samudera menjelaskan contoh mobil classic umumnya ialah mobil sedan dua pintu. Contoh yang lain ialah mobil yang di produksi hanya terbatas untuk penggunaan spesifik, seperti dalam Cadillac Fleetwood 75 Limousine Presidential Series.

Menurut Samudera, tidak bisanya semua mobil tua dikatakan sebagai mobil classic laku untuk semua merk, termasuk juga mobil dari merk yang dipandang mempunyai prestise sendiri seperti Mercedes Benz.

Samudera memberikan contoh sedan Mercedes Benz 200 empat pintu kepunyaannya. Menurut Samudera, Mercedes produksi masa 70-an kepunyaannya itu dulunya di produksi massal untuk penggunaan harian.

Berlainan keadaan bila Mercedes itu ialah sedan dua pintu. Sebab mobil dua pintu ialah mobil elegan yang penggunaannya bukan untuk harian.

Maka bila ada dua mobil tua dengan merk serta type yang sama, akan tetapi yang satu cuma mempunyai dua pintu serta satu kembali empat pintu, jadi cuma mobil dua pintu yang dapat dikatakan sebagai mobil classic.

BACA JUGA :  Peugeot Beralasan Mengapa Fokus pada Penjualan SUV

“Karena itu mobil saya ini (Mercedes 200 empat pintu) mobil tua, bukan mobil classic,” tutur pria yang akrab dipanggil Sam ini.

Fachri Fachrudin Morris Mini Cooper MK 7, atau seri paling akhir dari Mini Cooper di produksi seputar 1999 sampai 2000-an. Biasanya, kemampuan mesin yang dipakai diatas 1.000 Cc, bahkan juga ada juga 1.500 Cc. Tidak hanya transmisi manual ada juga type automatic serta telah injeksi.

Dalam keadaan spesifik, Sam menyebutkan ada banyak mobil yang semula cuma berstatus mobil tua tetapi lalu naik kelas jadi mobil classic. Hal tersebut berlangsung bila populasi mobil itu jadi langka. Perumpamaannya seperti Morris Mini, VW Beetle produksi sebelum tahun 1950, serta VW Combi generasi pertama.

“Morris Mini dulunya mobil tua biasa. Tetapi sebab langka serta demikian disukai hingga jadi berharga,” pungkas Sam.