oleh

2018 : Mobil Listrik Di Norwegia Laris Manis

Norwegia, Iotomagz – Siapa kira bila negara di Semenanjung Skandinavia sisi barat ini nyatanya cukuplah moncer untuk penjualan kendaraan listriknya. Hal tersebut dibuktikan selama tahun kemarin, satu dari tiga mobil baru yang di jual di negara itu ialah mobil listrik.

Seperti dikutip oleh Reuters, tubuh survey berdiri sendiri Norwegian Road Federation (NRF) mencatat penjualan mobil-mobil listrik di Norwegia melonjak 31,2% dari keseluruhan penjualan mobil disana.

Jika ditambahkan dengan kendaraan plug-in hybrid, tergapai keseluruhan perolehan pasar jadi 49,1%. Dengan keseluruhan penjualan mobil listrik di Norwegia naik 40% jadi 46.092 unit pada 2018.

Di balik itu, malah penjualan mobil-mobil bermesin konvensional malah alami penurunan, misalnya kendaraan diesel turun 28%, sesaat posisi produk bermesin bensin turun 17% serta dan mobil hybrid 20%.

Menariknya, Nissan Leaf generasi ke-2 jadi mobil terlaris di Norwegia tahun kemarin. Tesla pun alami tahun yang begitu baik, dengan 8.623 pengiriman atau naik 161 unit dibanding 2017.

BACA JUGA :  Masalah dengan Airbag Takata, Honda Menarik Kembali 7.330 Unit

Tesla Mode 3 Walau demikian, pasar mobil baru di negara itu berkurang 6,8% pada tahun kemarin jadi 147.929 unit, yang dikarenakan anjloknya penjualan mobil-mobil bermesin bensin ataupun diesel.

Dengan hasil itu jadi rekor baru penjualan mobil listrik di Norwegia, sekaligus juga menandai gagasan besar mereka untuk hentikan penjualan mobil-mobil mesin konvensional pada 2025, dalam rencana kurangi polusi hawa serta emisi karbon.

Makin jelas, pelebaran kendaraan listrik yang demikian cepat di Norwegia ini akan tidak mungkin berlangsung tiada keterkaitan pemerintah. Menjadi info, pemerintahan Norwegia membebaskan pajak yang ditanggung pada beberapa pemilik mobil listrik.

Diluar itu, mereka (pemilik mobil listrik) dikasihkan beberapa keuntungan seperti parkir gratis serta titik pengisian baterei untuk kendaraannya. Akan tetapi, beberapa analis terlihat ragu-ragu jika Norwegia akan sampai tujuan untuk seutuhnya mobil-mobil baru bermesin listrik tersebar disana pada 2025.

BACA JUGA :  Lexani Motorcars Menyulap Truck Ford menjadi Kantor Berfasilitas

Mereka yakini perkembangan mobil listrik dibatasi oleh fakta jika sangat beberapa orang tidak mempunyai tempat parkir pribadi serta malas beli mobil listrik bila mereka tidak bisa mengambil keputusan titik pengisian daya di dalam rumah.

Audi e-tron Akan tetapi faktanya di lapangan yaitu dengan dimulainya pengiriman Tesla Mode 3 pada tahun ini di Norwegia, jadi bukti kuat langkah pemerintah akan sampai tujuan itu.

Kehadiran variasi Tesla pun untuk lihat berapa besar penambahan penjualan yang akan terwujud pada 2019. Di awalnya tahun ini juga dilaporkan, Norwegia sudah lakukan pemesanan 30 ribu unit mobil listrik, yang didominasi Tesla Mode 3 serta Audi e-tron.