Ditangan Orang Bogor yang Satu ini Toyota Kijang Disulap Menjadi Motor

Diposting pada

Bogor, Iotomagz – Kustom sepeda motor memakai mesin motor kelihatannya biasa. Tetapi kesempatan ini ada yang tidak biasa, yaitu memakai mesin mobil Toyota Kijang tahun 1978 dengan type mesin 3K memiliki 1300 cc. Builder dibalik motor ini ialah Julian Hidayat alias Bonyok, owner Bokor Custom yang bertempat di Cibinong, Bogor, Jawa barat.

Ide motor cafe dragster bermesin Toyota kijang ini dinamakan Gabus Darat, panjang dari ujung ban depan sampai belakang sampai 2 mtr. dengan wheelbase 1,5 mtr.. Benar saja, Bonyok memang pada awalnya di inspirasi dari ide motor drag luar negeri yang mempunyai wheelbase yang cukuplah panjang serta bermesin besar. Dari sana muncul inspirasi bagaimana memperoleh motor dengan mesin besar tetapi dengan biaya yang minim.

“Awal narasi saya ingin buat satu karya yang beda dari yang lainnya sebab jika beda pastinya sengit, jadi mengambil dari mesin mobil, kebetulan saya lebih senang ke cafe racer tetapi lebih condong ke cafe dragster,” katanya di bengkel Bokor Custom, Bogor pada Sabtu, 9 Fabruari 2019.

Kesusahan waktu bangun motor ini, lanjut ia, ada di bagian transmisinya sebab transmisi mobil serta motor tempatnya pasti berlainan. Setelah itu menghubungkan tenaga mesin ke roda, sebab mesin mobil gunakan gardan sedang motor gunakan rantai.

“Transmisi saya membuat semi automatis jadi matik tetapi tidak ada transmisi, jadi hanya memercayakan putaran RPM lantas ke tuas gardan, jadi waktu mesin nyala, terlepas kopling, naikkan RPM, motor langsung jalan tiada masuk gigi (gear),” kata Bonyok.

Fakta Bonyok pilih mesin Toyota Kijang ini sebab di Indonesia tidak ada yang tidak kenal Toyota Kijang. Diluar itu mesin banyak juga tipenya serta part gampang didapat di daerah.

Pembuatan rangka masih tetap di inspirasi dari motor drag luar negeri. Akan tetapi, untuk memastikan tempat mesin yang lumayan besar, bangun sasis yang kuat butuh ide serta dia luangkan untuk mencari info di internet sampai pada akhirnya memperoleh mode tubular semacam ini.

BACA JUGA :  Kawasaki W800 Street Dan Cafe 2019, Akan Masuk Amerika

Dalam bangun motor dari mesin mobil, Bonyok menuturkan jika yang perlu dilihat ialah rangka yang tentu mesti kuat serta seimbang. Sebab modifikasi ini perubahannya begitu mencolok dari mesin yang dipasang di mobil ini dicangkok ke motor, automatis perhitungannya mesti masak.

Waktu pembuatan menurutnya, termasuk cukup lama seputar delapan bulanan, sebab beberapa part, penyelesaiannya cukup lama sampai salah satunya part saja penyelesaiannya menghabiskan waktu empat bulan. “Awal bangun itu seputar awal tahun 2016,” katanya.

Tidak hanya part kustom bikinannya, Bonyok pun menggunakan beberapa part aftermarket, seperti stang gunakan Ride It, master rem gunakan RCB, filter hawa pun aftermarket, ban belakang memakai Pirelli 200/180, depan gunakan Zeneos 160/50. Speedometer gunakan digital panel RPM. Akan tetapi sisi garpu dia gunakan punya Yamaha Byson, dengan skema pengereman double disc.

Motor ini juga ikuti dua kontes besar seperti Suryanation Motorland 2017 serta KustomFest 2017 di Yogyakarta. “Untuk KustomFest di Yogyakarta saya berjumpa builder yang lebih senior serta saya konsultasi untuk turut KustomFest di Yogyakarta serta alhamdulillah saya memperoleh juara 2 di kelas cafe racer,” tuturnya.

Keseluruhan cost untuk kustom motor ini, kata Bonyok, kurang lebih seputar Rp 42 juta ditambah mobil Toyota Kijang Rp 18 juta jadi keseluruhan Rp 60 juta.