by

Turun 3% Penjualan Mobil China Dalam 14 Bulan Terakhir

iotoMagz.com – Asosiasi Produsen Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers – CAAM) melaporkan bahwa penjualan kendaraan di China mengalami penurunan 3% pada Mei dari bulan yang sama setahun sebelumnya, berjalan selama 13 bulan berturut-turut penguatan sejak April 2020, data industri menunjukkan pada hari Jumat.

Secara keseluruhan penjualan mobil di pasar dunia berjumlah 2,13 juta kendaraan pada bulan Mei, data statistik dari Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) menunjukkan, China telah menjual 10,88 juta kendaraan sejak Januari dan Mei, mengalami kenaikan sebesar 36% pada tahun sebelumnya dan di periode yang sama.

hal ini berkaitan dengan kekurangan chip global dan melonjaknya harga bahan produksi sehingga berdampak pada produsen mobil di negara itu, ujar Chen Shihua, selaku pejabat senior CAAM.

Tetapi Chen mengatakan CAAM tetap positif terhadap prospek sektor ini. Badan industri sebelumnya memperkirakan penjualan kendaraan China secara keseluruhan tumbuh 6,5% tahun ini. Penjualan kendaraan energi baru, termasuk kendaraan listrik bertenaga baterai, hibrida bensin-listrik plug-in dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen, mempertahankan momentum kuat mereka, melesat 160%, dengan 217.000 unit terjual pada bulan tersebut.

para manufaktur, seperti Nio Inc (NIO. N), Xpeng Inc (XPEV. N) dan BYD , memperluas kapasitas manufaktur mereka di Cina, didorong oleh promosi kendaraan yang lebih hijau oleh pemerintah untuk mengurangi polusi.

Tesla Inc sendiri telah menjual 33.463 unit mobil listrik buatan China pada bulan Mei lalu, Produsen mobil termasuk Honda Motor (7267.T), Geely (0175.HK), dan General Motors Co (GM.N) dan Perusahaan patungan asal China melaporkan penjualan yang lebih rendah pada bulan Mei.