by

Tambah Pabrik Mobil Baru, Detroit Jadi ‘Jeep City’

Detroit, iotoMagz.com – Di dalam pabrik perakitan mobil Jeep yang dibangun sejak 1991, Aroma logam panas akan tercium saat SUV Jeep Grand Cherokee L baru masuk ke jalur proses pengelasan. namun bagi pihak Stellantis NV, (STLA.MI) itu adalah bau uang. bagi Kota Detroit sendiri itu artinya ladang pekerjaan.

Stellantis meresmikan Mack Avenue, tempat perakitan baru dengan investasi senilai $1,6 miliar. pada hari Kamis lalu menunjukkan tiap sudut bagian dari kompleks seluas 900.000 meter persegi yang selesai dan sebagian besar diluncurkan ke produksi selama pandemi covid-19.

Kendaraan Grand Cherokee L di jalur perakitan adalah yang pertama dari generasi terbaru dari deretan model terlaris Jeep, dengan tujuan memperluas penjualan merek kepada para pelanggan yang menginginkan SUV dengan tiga baris kursi (7 seater).

Selama ini, Grand Cherokee hanya menawarkan 5 tempat duduk. Kini dengan ruang yang dipakai untuk tujuh penumpang, Jeep akan menghadapi rival seperti Ford Motor Co (F.N) Explorer, General Motors Co (GM.N) GMC Acadia dan para SUV berukuran besar dari merek Eropa dan Jepang.

Manajer pabrik, Michael Brieda mengatakan pabrik mulai membuat kendaraan pada Maret, sekarang beroperasi dengan tiga shift sehari.

Tantangan terbesar pabrik itu “adalah menemukan orang yang mampu bekerja di lingkungan manufaktur.” Para pelamar kerja diberikan berbagai tes ketangkasan sebagai bagian dari wawancara mereka, kata Brieda.

Pihak perusahaan menagataka, saat ini ada sekitar 2.100 penduduk Kota Detroit telah dipekerjakan di pabrik tersebut. Pabrik Jeep baru menggaris bawahi bahwa pasar kendaraan Amerika Serikat, di mana sebagian besar kendaraan yang datang dari jalur perakitan Mack akan dijual. untuk mobil Detroit, permintaan truk pickup dan SUV berbahan bakar bensin masih cukup menggairahkan.

Dengan percepatan kompleks perakitan Mack, Stellantis memiliki dua pabrik yang berdekatan di Detroit yang mampu membuat 500.000 atau lebih model Grand Cherokee dalam setahun. Pabrik Jeep Jefferson North di dekatnya dibangun pada tahun 1991 – dan sampai sekarang merupakan salah satu pabrik perakitan mobil baru di Motor City.

Mario Holmes selaku manajer yang mengawasi pengembangan Grand Cherokee L, mengatakan banyak upaya yang dilakukan untuk merancang arsitektur baru yang lebih efisien dengan menggunakan bahan aluminium dan baja berkekuatan tinggi untuk mengurangi bobot. Meskipun model terbaru ini memiliki tiga baris kursi, untuk bobotnya sama dengan SUV lima penumpang.

Akan ada powertrain listrik yang ditawarkan, tetapi detailnya akan datang nanti ya, katanya.

Selaku manajer parbik Brieda menagatakankan tidak memiliki masalah untuk mendapatkan semikonduktor yang cukup untuk model terbaru ini, bahkan ketika Stellantis menghentikan perakitan untuk kendaraan lain di tengah permasalahan global yakni kekurangan chip yang dibutuhkan untuk sistem mobil modern.