Ajang World Car of The Year 2019, Salah Satu Mobil Pabrikan Asia Masuk Babak Final

Diposting pada

Jenewa, Iotomagz – Rincian finalis World Car of The Year 2019 dari Geneva International Motor Show (GIMS) 2019 pada akhirnya launching. Dari rincian itu hanya satu mobil Asia yang masuk dalam nominasi.

Panitia Geneva Motor Show 2019 sudah memilih 60 calon mobil yang masuk dalam rincian saran finalis Car of The Year 2019. Presiden juri Car of The Year 2019 Frank Janssen sudah lakukan seleksi ketat. Ketatnya seleksi ini singkirkan Suzuki Jimny yang sebelumnya masuk menjadi calon mobil terunggul.

“Kami lakukan uji jalan dari Denmark. Diluar itu ada juga tes perorangan. Akhirnya mereka rapatkan dengan dewan juri,” kata Janssen, yang wartawan majalah otomotif Jerman, Stern. Tes-tes itu dikerjakan di circuit balap ataupun jalanan.

Setelah itu beberapa produsen mobil harus juga mempresentasikan kelebihan mobilnya. Apa tehnologi yang digunakan, apa yang baru, itu yang mereka mesti presentasikan di dewan juri.

Dari seleksi ketat itu, lahirlah rincian finalis Car of The Year dari Geneva Motor Show 2019, di bawah ini (posisi tidak tunjukkan nilai score):

  1. Alpine A110
  2. Citroën C5 Aircross
  3. Ford Focus
  4. Jaguar I-Pace
  5. Kia Ceed
  6. Mercedes-Benz A-class
  7. Peugeot 508

Dari rincian itu hanya satu finalis dari Asia. Ia ialah Kia Ceed dari pabrikan Korea Selatan, Kia Motors. Mobil ini dibuat di dalam rumah design Frankfurt, Jerman, serta memang diperuntukkan untuk pasar Eropa. Kia di Eropa ini di produksi di manufaktur di Slovakia. Semenjak masuk Eropa di tahun 2006 sampai saat ini sudah terjual 1,28 juta unit. Sebelum Kia Ceed, Kia sudah merampas hati pasar Eropa melalui Kia Sportage serta Kia Venga.

BACA JUGA :  Render Land Rover akan Launching Defender Terbaru Tahun depan
HyperFocal: 0

Pemenang Car of The Year ini akan diumumkan di Geneva Motor Show 2019 di Palexpo, Jenewa, Swiss, pada 4 Maret 2019 pada jam 15.00 waktu Swiss atau 21.00 WIB.

Anugerah Car of The Year ini diadakan oleh tujuh majalah top di Eropa: Auto di Italia, Autocar di Inggris, Autopista di Spanyol, Autovisie di Belanda, L’automobile Magazine di Prancis, Stern di Jerman, serta Vi Blagare di Swedia. Juri terbagi dalam 60 jurnalis terunggul yang hadir dari 23 negara di semua dunia yang bersidang di Eropa untuk pilih pemenang.

Tahun kemarin, pemenang Car of The Year di arena Geneva Motor Show 2019 ialah menjadi Volvo XC40. Ada dua finalis yang lain ialah Mazda CX-5 serta Range Rover Velar.